Panjaitan, David Soaloon (2023) PENGARUH MATA KULIAH MICROTEACHING , PELAKSANAAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHANII (PLP II) TERHADAP MINATMENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2019 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193143018_Cover.pdf
Download (144kB)
7193143018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (268kB)
7193143018_Kata_Pengantar.pdf
Download (426kB)
7193143018_Abstrak.pdf
Download (353kB)
7193143018_Daftar_Isi.pdf
Download (266kB)
7193143018_Daftar_Tabel.pdf
Download (237kB)
7193143018_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
7193143018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
7193143018_BAB_I.pdf
Download (729kB)
7193143018_BAB_V.pdf
Download (485kB)
7193143018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (265kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Microteaching dan Pengenalan Lapangan Persekolahan Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Bisnis Angkatan 2019 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini menggunakan teknik sampling total dari 51 responden. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto. Dalam penelitian ini, kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Untuk
membuktikan kebenaran hipotesis, penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda selain Uji Parsial (Uji-t), Uji Simultan (Uji-F), dan Koefisien Determinasi (R2). Menurut analisis data yang dilakukan dengan SPSS 22, persamaan analisis regresi linear berganda ditemukan bahwa hasil dari dua variabel independen Pembelajaran Microteaching dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) memiliki pengaruh positif terhadap minat menjadi guru.
Kemudian Berdasarkan Uji Parsial (Uji-T) Pembelajaran Microteaching
memperoleh nilai thitung>ttabel (2,254>2,011) dengan signifikansi α = 0,029<0,05.
Sehingga dapat disimpulkan Pembelajaran Microteaching berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Minat Menjadi Guru sehingga Ha diterima. Untuk Pengenalan
Lapangan Persekolahan (PLP) memiliki nilai thitung >ttabel (2,285>2,011) dengan
signifikansi α = 0,027<0,05. Sehingga dapat disimpulkan Pengenalan Lapangan
Persekolahan (PLP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menjadi
Guru sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung >Ftabel (13,978
>3,19) dengan signifikansi α = 0,000<0,05 sehingga, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh secara simultan antara Pembelajaran Microteaching(X1), dan
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) (X2) Terhadap Minat Menjadi Guru.
Koefisien Determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,368 atau sebesar 36,8% yang
artinya besaran kontribusi pengaruh Pembelajaran Microteaching Dan Pengenalan
Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Minat Menjadi Guru sebesar 36,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Microteaching, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dan Minat Menjadi Guru. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 15:26 |
Last Modified: | 01 May 2024 15:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56059 |