MANALU, ANJELINA (2023) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MARKETING SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193143001_Cover.pdf
Download (46kB)
7193143001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (358kB)
7193143001_Kata_Pengantar.pdf
Download (866kB)
7193143001_Abstrak.pdf
Download (125kB)
7193143001_Daftar_Isi.pdf
Download (144kB)
7193143001_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
7193143001_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
7193143001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
7193143001_BAB_I.pdf
Download (420kB)
7193143001_BAB_V.pdf
Download (63kB)
7193143001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (90kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Kurikulum
Merdeka dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran
Marketing Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini memiliki jumlah
populasi sebanyak 64 orang serta , teknik Sampling yang dipakai dalam penelitian
ini adalah Teknik Total Sampling, hal ini dikarenakan jumlah populasi yang
dimiliki kurang dari 100. Jenis penelitian ini adalah Ex post facto dengan Teknik
pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah kuesioner serta dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunkan peneliti dalam penelitian ini adalah regresi linier
berganda dengan uji hipotesis seperti, Uji Parsial (Uji-t), Uji simultan (Uji-F) serta
Koefisien Determinasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan memperoleh hasil
dimana Penerapan Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Marketing Siswa Kelas XI
di SMK Negeri 7 Medan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung>ttabel
(2,683>1,670) dengan signifikansi α = 0,009. Kemudian Lingkungan Belajar
Berpengaruh positif dan signifikan hal ini didassari dengan thitung>ttabel
(3,038>1,670) dengan signifikansi α = 0,003. Sehingga Ha diterima. Kemudian diperoleh hasil Fhitung>Ftabel (13,403 > 3,148) dengan signifikansi α = 0,000 artinya Penerapan Kurikulum Merdeka dan Lingkungan Belajar berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Marketing Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan, dan terkahir berdasarkan nilai koefisien determinasi yang diperoleh dapat diartikan bahwa pengaruh kontribusi dari variabel bebas dalam penelitian inisebesar 30,5% terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Marketing Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan Kurikulum Merdeka, Lingkungan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 05:59 |
Last Modified: | 04 May 2024 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56035 |