PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MARKETING SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN

MANALU, ANJELINA (2023) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MARKETING SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193143001_Cover.pdf] Text
7193143001_Cover.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 7193143001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193143001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 7193143001_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193143001_Kata_Pengantar.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of 7193143001_Abstrak.pdf] Text
7193143001_Abstrak.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 7193143001_Daftar_Isi.pdf] Text
7193143001_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 7193143001_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193143001_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 7193143001_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193143001_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 7193143001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193143001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7193143001_BAB_I.pdf] Text
7193143001_BAB_I.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 7193143001_BAB_V.pdf] Text
7193143001_BAB_V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 7193143001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193143001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Kurikulum
Merdeka dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran
Marketing Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini memiliki jumlah
populasi sebanyak 64 orang serta , teknik Sampling yang dipakai dalam penelitian
ini adalah Teknik Total Sampling, hal ini dikarenakan jumlah populasi yang
dimiliki kurang dari 100. Jenis penelitian ini adalah Ex post facto dengan Teknik
pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah kuesioner serta dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunkan peneliti dalam penelitian ini adalah regresi linier
berganda dengan uji hipotesis seperti, Uji Parsial (Uji-t), Uji simultan (Uji-F) serta
Koefisien Determinasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan memperoleh hasil
dimana Penerapan Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Marketing Siswa Kelas XI
di SMK Negeri 7 Medan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung>ttabel
(2,683>1,670) dengan signifikansi α = 0,009. Kemudian Lingkungan Belajar
Berpengaruh positif dan signifikan hal ini didassari dengan thitung>ttabel
(3,038>1,670) dengan signifikansi α = 0,003. Sehingga Ha diterima. Kemudian diperoleh hasil Fhitung>Ftabel (13,403 > 3,148) dengan signifikansi α = 0,000 artinya Penerapan Kurikulum Merdeka dan Lingkungan Belajar berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Marketing Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan, dan terkahir berdasarkan nilai koefisien determinasi yang diperoleh dapat diartikan bahwa pengaruh kontribusi dari variabel bebas dalam penelitian inisebesar 30,5% terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Marketing Siswa Kelas XI di SMK Negeri 7 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penerapan Kurikulum Merdeka, Lingkungan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 May 2024 05:59
Last Modified: 04 May 2024 05:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56035

Actions (login required)

View Item
View Item