NINGSIH, DIAH AYU (2023) PENGARUH PROFESIONALISME GURU, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII OTKP SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192444003_Cover.pdf
Download (238kB)
7192444003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (251kB)
7192444003_Kata_Pengantar.pdf
Download (400kB)
7192444003_Abstrak.pdf
Download (407kB)
7192444003_Daftar_Isi.pdf
Download (315kB)
7192444003_Daftar_Tabel.pdf
Download (258kB)
7192444003_Daftar_Gambar.pdf
Download (197kB)
7192444003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (247kB)
7192444003_BAB_I.pdf
Download (921kB)
7192444003_BAB_V.pdf
Download (417kB)
7192444003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (438kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profesionalisme guru, status sosial ekonomi orang tua, dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII OTKP SMK Swasta Budi Agung Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Budi Agung Medan. Penelitian ini didasari oleh rendahnya minat siswa kelas 12 OTKP untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi serta rendahnya persentase alumni yang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, rendahnya status sosial ekonomi orang tua siswa, dan rendahnya tingkat efikasi diri siswa untuk melanjutkan studinya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Ex-Post Facto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan OTKP SMK Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 65 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis Parsial (Uji T), Uji Hipotesis Simultan (Uji F), dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif profesionalisme guru terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 31,4%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 4,4%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif efikasi diri terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 64%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif profesionalisme guru, status sosial ekonomi orang tua, dan efikasi diri secara simultan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan nilai R Square sebesar 94,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profesionalisme Guru, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Efikasi Diri, Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 May 2024 06:30 |
Last Modified: | 05 May 2024 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56020 |