PENGEMBANGAN MODUL IKATAN KIMIA BERMUATAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN KONTEKS PEWARNAAN KAIN BATIK

Lubis, Elva Damayanti (2023) PENGEMBANGAN MODUL IKATAN KIMIA BERMUATAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN KONTEKS PEWARNAAN KAIN BATIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191131023_Cover.pdf] Text
4191131023_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4191131023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191131023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 4191131023_Abstrak.pdf] Text
4191131023_Abstrak.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 4191131023_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191131023_Kata_Pengantar.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 4191131023_Daftar_Isi.pdf] Text
4191131023_Daftar_Isi.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4191131023_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191131023_Daftar_Tabel.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4191131023_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191131023_Daftar_Gambar.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4191131023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191131023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4191131023_BAB_I.pdf] Text
4191131023_BAB_I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4191131023_BAB_V.pdf] Text
4191131023_BAB_V.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4191131023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191131023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul literasi sains menggunakan konteks pewarnaan kain batik pada materi ikatan kimia yang layak sekaligus mengetahui respon siswa terhadap modul. Desain penelitian menggunakan Model of Educational Recontruction. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa dan lembar validasi ahli terhadap modul, dimana modul yang dirancang akan dinilai kelayakannya oleh panelis yang terdiri dari dosen dan guru kimia di SMA. Penilaian modul berdasarkan sembilan poin penilaian yaitu ketepatan isi materi, kesesuaian antara konten dengan konteks, kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, ketepatan ilustrasi gambar/ simbol/ percobaan, kelayakan untuk digunakan oleh siswa SMA, dan kesesuaian dengan aspek literasi sains yaitu konten, konteks, proses, dan sikap. Teknik analisis data dalam menguji kelayakan modul menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validty Index (CVI). Sedangkan teknik analisis data untuk respon siswa menggunakan rumus persentase. Hasil validasi ahli terbagi dua kategori yaitu pertama nilai CVR setiap item berdasarkan tujuan pembelajaran menghasilkan rata-rata berturut-turut sebesar 1; 0,968; 1; 1; 0,9862; 0,9571; 0,936; 0,9724; dan 1. Kedua nilai CVR berdasarkan tahapan menghasilkan rata-rata sebesar 1. Berdasarkan perbandingan CVRtabel = 0,736, maka CVRhitung > CVRtabel yang berarti valid. Perhitungan CVI keseluruhan modul diperoleh nilai sebesar 0,985 yang termasuk dalam kriteria sangat sesuai. Hasil respon siswa kelas X IPA A SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berada pada persentase rata-rata sebesar 77% yang termasuk dalam kriteria praktis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi Sains; Model of Educational Reconstruction; Pewarnaan kain Batik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 07:24
Last Modified: 01 May 2024 07:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56003

Actions (login required)

View Item
View Item