Aryani, Dita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DAN ISPRING DI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111042_Cover.pdf
Download (117kB)
4193111042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (677kB)
4193111042_Abstrak.pdf
Download (168kB)
4193111042_Kata_Pengantar.pdf
Download (427kB)
4193111042_Daftar_Isi.pdf
Download (132kB)
4193111042_Daftar_Tabel.pdf
Download (75kB)
4193111042_Daftar_Gambar.pdf
Download (74kB)
4193111042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (101kB)
4193111042_BAB_I.pdf
Download (603kB)
4193111042_BAB_V.pdf
Download (174kB)
4193111042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (307kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint dan ispring di android yang dikembangkan yang dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi program linear kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Reserch and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang digunakan dalam uji coba ini adalah kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Batang Kuis. Uji coba media dilakukan pada dua skala yaitu skala kecil dengan 15 orang siswa dan skala besar 35 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah (a) lembar angket validasi isi media pembelajaran dan media pembelajaran; (b) lembar angket kepraktisan guru dan siswa; (c) soal pretest dan posttest; dan (d) lembar angket respon keefektifan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint dan ispring di android yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini ditinjau dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi dengan skor persentase 92% dan ahli media dengan skor 90% yaitu dengan kategori “sangat layak”. Media pembelajaran yang digunakan juga praktis dengan skor kepraktisan oleh guru sebesar 89,3% dan skor kepraktisan oleh siswa 97,35% dengan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya, keefektifan media pembelajaran diukur dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 89%, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 30,71 dan melalui uji N-Gain menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan sebesar 0,61 dengan kategori peningkatan sedang. Selain itu, angket respon siswa juga memperoleh persentase sebesar 92% yang artinya siswa memiliki respon positif terhadap media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint dan ispring di android. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint dan ispring di android yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkankan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Powerpoint; Ispring; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 02:15 |
Last Modified: | 01 May 2024 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55993 |