Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di SMK Jambi Medan

Sakinah, Indah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di SMK Jambi Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5173351015 COVER.pdf] Text
1. 5173351015 COVER.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 2. 5173351015 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 5173351015 APPROVAL SHEET.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 3. 5173351015 ABSTRACT.pdf] Text
3. 5173351015 ABSTRACT.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4. 5173351015 PREFACE.pdf] Text
4. 5173351015 PREFACE.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 5. 5173351015 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 5173351015 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 6. 5173351015 TABLES.pdf] Text
6. 5173351015 TABLES.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 7. 5173351015 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. 5173351015 ILLUSTRATION.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8. 5173351015 APPENDICES.pdf] Text
8. 5173351015 APPENDICES.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 9. 5173351015 CHAPTER I.pdf] Text
9. 5173351015 CHAPTER I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 13. 5173351015 CHAPTER V.pdf] Text
13. 5173351015 CHAPTER V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 14. 5173351015 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. 5173351015 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (316kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android ini
merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui
tingkat kelayakan dari media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata
Pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X di SMK Jambi Medan dan mengetahui
efektivitas hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif
berbasis android mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X Di SMK Jambi
Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Addie. Model ADDIE
ini adalah singkatan untuk lima tahap proses pengembangan, yaitu, Analisis,
Desain, Develpoment, Implementasi, dan Evaluasi. Model ADDIE bergantung
pada setiap tahap yang dilakukan dalam urutan yang diberikan. Namun, dengan
fokus pada refleksi dan literasi. Model ini memberi pendekatan yang berfokus
pada pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara pihak
sekolah, dan angket. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif
dengan jenis deskriptif. Pengujian terhadap media pembelajaran interaktif
berbasis android dilakukan oleh 2 validator materi yang divalidasi kan oleh 1
dosen dan 1 guru, 2 validator media yang divalidasi kan oleh 1 dosen dan 1 guru,
dan validator user/akseptansi. Penilaian ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran yang dihasilkan baik dengan nilai rata-rata 4,4 dalam kategori
sangat layak untuk validasi materi, nilai rata-rata 4,15 dalam kategori layak untuk
validasi media, dan nilai rata-rata 4,37 dalm kategori sangat layak untuk validasi
user/akseptansi. Berdasarkan uji efektivitas penilaian terhadap media
pembelajaran data posttest kelas kontrol sebesar 60 dan hasil data posttest kelas
eksperimen sebesar 85,33. Pengujian data normalitas diperoleh penilaian pretest
(kontrol&eksperimen) dan posttest (kontrol&eksperimen) berdistribusi normal
dan pengujian data homogenitas variannya homegen. Berdasarkan hasil analisis
media secara keseluruhan, media pembelajaran interaktif berbasis android
tergolong kategori sangat baik 85,33 yang berarti media layak digunakan sebagai
media pembelajaran. Media pembelajaran interaktif berbasis android ini dapat
dijadikan sebagai sarana pembelajaran mandiri yang dapat digunakan oleh siswa
kelas X TKJ 1 di SMK Jambi Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan media pembelajaran interaktif; android
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:51
Last Modified: 30 Apr 2024 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55979

Actions (login required)

View Item
View Item