PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP N 35 MEDAN

Dalimunthe, Yulan Sari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP N 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311028_Cover.pdf] Text
4193311028_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4193311028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4193311028_Abstrak.pdf] Text
4193311028_Abstrak.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of 4193311028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311028_Kata_Pengantar.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 4193311028_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311028_Daftar_Isi.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 4193311028_BAB_I.pdf] Text
4193311028_BAB_I.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of 4193311028_BAB_V.pdf] Text
4193311028_BAB_V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4193311028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP N 35 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain two group pre test – post test. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 35 Medan. Kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra, sedangkan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, nilai rata-rata pre test kelas eksperimen diperoleh 54,64 dan nilai rata-rata pre test kelas kontrol 50,52. Nilai rata-rata post test kelas eksperimen diperoleh 67,5 dan nilai post test kelas kontrol diperoleh 60. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan dk = 62 dan 5 diperoleh nilai uji t post test thitung 2,372 > ttabel 1,669, sehinggga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP N 35 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Dal p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Geogebra; Koneksi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:19
Last Modified: 30 Apr 2024 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55972

Actions (login required)

View Item
View Item