PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP N 35 MEDAN

Dalimunthe, Yulan Sari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP N 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311028_Cover.pdf] Text
4193311028_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4193311028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 4193311028_Abstrak.pdf] Text
4193311028_Abstrak.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of 4193311028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311028_Kata_Pengantar.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 4193311028_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311028_Daftar_Isi.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 4193311028_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311028_Daftar_Gambar.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4193311028_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311028_Daftar_Tabel.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 4193311028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 4193311028_BAB_I.pdf] Text
4193311028_BAB_I.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of 4193311028_BAB_II.pdf] Text
4193311028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311028_BAB_III.pdf] Text
4193311028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311028_BAB_IV.pdf] Text
4193311028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311028_BAB_V.pdf] Text
4193311028_BAB_V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4193311028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 4193311028_Lampiran.pdf] Text
4193311028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP N 35 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain two group pre test – post test. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 35 Medan. Kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra, sedangkan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, nilai rata-rata pre test kelas eksperimen diperoleh 54,64 dan nilai rata-rata pre test kelas kontrol 50,52. Nilai rata-rata post test kelas eksperimen diperoleh 67,5 dan nilai post test kelas kontrol diperoleh 60. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan dk = 62 dan 5 diperoleh nilai uji t post test thitung 2,372 > ttabel 1,669, sehinggga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media Geogebra terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP N 35 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Dal p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Geogebra; Koneksi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:19
Last Modified: 24 Oct 2025 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55972

Actions (login required)

View Item
View Item