Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Siswa Kelas XII di SMK Negeri 14 Medan T.A. 2022/2023

Sitepu, Rizki Oktora (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Siswa Kelas XII di SMK Negeri 14 Medan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5182122009_Cover.pdf] Text
5182122009_Cover.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 5182122009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5182122009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 5182122009_Kata_Pengantar.pdf] Text
5182122009_Kata_Pengantar.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 5182122009_Abstrak.pdf] Text
5182122009_Abstrak.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 5182122009_Daftar_Isi.pdf] Text
5182122009_Daftar_Isi.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 5182122009_Daftar_Tabel.pdf] Text
5182122009_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 5182122009_Daftar_Gambar.pdf] Text
5182122009_Daftar_Gambar.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 5182122009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5182122009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 5182122009_BAB_I.pdf] Text
5182122009_BAB_I.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 5182122009_BAB_V.pdf] Text
5182122009_BAB_V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 5182122009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5182122009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (285kB)

Abstract

Dalam mata pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga, beberapa permasalahan sering terjadi seperti minat belajar siswa yang rendah, kurangnya pemahaman materi, dan hasil belajar yang rendah. Penyampaian materi masih
menggunakan media tradisional seperti papan tulis dan LCD proyektor, membuat pembelajaran kurang efektif karena berpusat pada guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS6 yang layak dan efektif untuk meningkatkan minat, pemahaman, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 14 Medan dengan melibatkan siswa
kelas XII TKR sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development
(pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Android menggunakan Adobe Flash CS6 yang layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan media pembelajaran yang tinggi berdasarkan penilaian ahli. Ahli media memberikan nilai rata-rata 3,64, ahli desain pembelajaran 3,69, dan ahli materi 3,92, semuanya dalam kategori "Sangat Layak". Uji coba kelompok kecil dan kelompok besar juga mendapatkan nilai "Sangat Layak" dengan rata-rata 3,61 dan 3,66. Total nilai rata-rata keseluruhan adalah 3,704, menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sangat layak digunakan. Hasil pengujian efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari pre-test sebesar 45,83 menjadi post-test sebesar 85,42, dengan peningkatan hasil belajar sebesar 39,59. Nilai N-Gain yang tinggi sebesar 0,7389 dengan persentase 73,89% menunjukkan efektivitas media pembelajaran berbasis Android menggunakan Adobe Flash CS6 dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga di SMK Negeri 14 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; Android; Adobe Flash CS6; Kelayakan; Efektivitas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 05:37
Last Modified: 30 Apr 2024 05:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55962

Actions (login required)

View Item
View Item