Saragih, Nanda Ardiansyah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Dikelas XII TKRO di SMK Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192422004_Cover.pdf
Download (51kB)
5192422004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (900kB)
5192422004_Kata_Pengantar.pdf
Download (62kB)
5192422004_Abstrak.pdf
Download (240kB)
5192422004_Daftar_Isi.pdf
Download (88kB)
5192422004_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
5192422004_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
5192422004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (441kB)
5192422004_BAB_I.pdf
Download (571kB)
5192422004_BAB_V.pdf
Download (372kB)
5192422004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (238kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui Model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XII TKRO pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Riset). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas XII TKRO di SMK Swasta Imelda Medan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (56,25%) dan siklus II (81,25%).
Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu siswa yang menyelesaikan pretest sebesar 28,13% (9 siswa), siswa yang tuntas posttest sebanyak 56,25% (18 siswa) kemudian meningkat menjadi 84,38% (27 siswa) pada
siklus II, dengan indikator ketercapaian hasil belajar melebihi yang ditentukan yaitu 80% dari seluruh siswa dengan mendapatkan skor >80. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XII TKRO di SMK Swasta Imelda Medan pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan indikator keberhasilan belajar siswa sebesar 70% siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model pembelajaran; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 05:01 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55958 |