Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Dikelas XII TKRO di SMK Swasta Imelda Medan

Saragih, Nanda Ardiansyah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Dikelas XII TKRO di SMK Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192422004_Cover.pdf] Text
5192422004_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 5192422004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192422004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of 5192422004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192422004_Kata_Pengantar.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5192422004_Abstrak.pdf] Text
5192422004_Abstrak.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5192422004_Daftar_Isi.pdf] Text
5192422004_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 5192422004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192422004_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5192422004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192422004_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5192422004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192422004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 5192422004_BAB_I.pdf] Text
5192422004_BAB_I.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of 5192422004_BAB_V.pdf] Text
5192422004_BAB_V.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 5192422004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192422004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui Model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XII TKRO pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Riset). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas XII TKRO di SMK Swasta Imelda Medan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (56,25%) dan siklus II (81,25%).
Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu siswa yang menyelesaikan pretest sebesar 28,13% (9 siswa), siswa yang tuntas posttest sebanyak 56,25% (18 siswa) kemudian meningkat menjadi 84,38% (27 siswa) pada
siklus II, dengan indikator ketercapaian hasil belajar melebihi yang ditentukan yaitu 80% dari seluruh siswa dengan mendapatkan skor >80. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XII TKRO di SMK Swasta Imelda Medan pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan indikator keberhasilan belajar siswa sebesar 70% siswa secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Model pembelajaran; Problem Based Learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 05:01
Last Modified: 30 Apr 2024 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55958

Actions (login required)

View Item
View Item