Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengelasan Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMKN 4 Medan

Purba, Joy Prasetia (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengelasan Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMKN 4 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5181122014_Cover.pdf] Text
5181122014_Cover.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 5181122014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5181122014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 5181122014_Kata_Pengantar.pdf] Text
5181122014_Kata_Pengantar.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 5181122014_Abstrak.pdf] Text
5181122014_Abstrak.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 5181122014_Daftar_Isi.pdf] Text
5181122014_Daftar_Isi.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 5181122014_Daftar_Tabel.pdf] Text
5181122014_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 5181122014_Daftar_Gambar.pdf] Text
5181122014_Daftar_Gambar.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 5181122014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5181122014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 5181122014_BAB_I.pdf] Text
5181122014_BAB_I.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 5181122014_BAB_V.pdf] Text
5181122014_BAB_V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 5181122014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5181122014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pengelasan siswa pada kelas XI TKR SMK Negeri 4 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan Prasiklus, Siklus I, dan siklus II, dimana setiap siklus dilakukan dengan tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa di SMK Negeri 4 Medan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam Penelitian ini adalah dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada Pengelasan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada prasiklus diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 53,703. Hasil belajar siswa pada Pengelasan
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 68,33 dan hasil belajar siswa pada Pengelasan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 84,63. Kesimpulan tersebut
Berdasarkan hasil penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada Pengelasan siswa kelas XI TKR SMK Negeri 4 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran; Project Based Learning (PjBL); Hasil Belajar Pengelasan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:53
Last Modified: 30 Apr 2024 04:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55956

Actions (login required)

View Item
View Item