Sartika, Dewi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran TIK Menggunakan Metode Web Based Learning. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5172151002 COVER.pdf
Download (57kB)
2. NIM 5172151002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (192kB)
3. NIM 5172151002 PREFACE.pdf
Download (250kB)
4. NIM 5172151002 ABSTRACT.pdf
Download (158kB)
5. NIM 5172151002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (1MB)
6. NIM 5172151002 ILLUSTRATION.pdf
Download (539kB)
7. NIM 5172151002 TABLES.pdf
Download (459kB)
8. NIM 5172151002 APPENDICES.pdf
Download (1MB)
9. NIM 5172151002 CHAPTER I.pdf
Download (340kB)
13. NIM 5172151002 CHAPTER V.pdf
Download (234kB)
14. NIM 5172151002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (233kB)
Abstract
SMP IT Dewani Akbar saat ini masih belum menerapkan Learning Management
System (LMS). Penerapan metode pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh
guru membuat siswa kurang mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan
potensi yang mereka miliki. Tujuan penenlitian ini untuk mengetahui tingkat
kelayakan produk aplikasi media pembelajaran berbasis website dalam mata
pelajaran TIK di kelas VII SMP IT Dewani Akbar dan Mengetahui keefektifan
media pembelajaran berbasis website pada materi pengenalan operasi dasar peralatan
komputer untuk peserta didik kelas VII SMP IT Dewani Akbar.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang
mengambil sampel dari sejumlah populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat
mengumpulkan data utama dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah total sampling, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel
penelitian. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 27 orang. Pengujian media
pembelajaran akan memperoleh data yang di dapatkan dari pengisian angket yang
dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan uji kelayakan kepada siswa kelas VII
SMP IT Dewani Akbar. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah Waterfall.
Model waterfall ialah model sekuensial linear mulai dari tahap analisis, perancangan
(desain), pengkodean, pengujian, dan tahap pengoperasian.
Hasil dari Uji analisis efektivitas memakai N Gainn score ialah nilai rata-rata
score buat kelas percobaan ( pemakaian media pembelajaran memakai metode Web
Based Learning) ialah sebesar 62,66% termasuk dalam kategori efektif. Dengan nilai
N Gainn score minimal 40,28% dan maksimal 86,21%. Sementara untuk rata-rata
kelas kontrol ( metode pembelajaran konvensional ) ialah 37,91% termasuk dalam
kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Web Based Learning; Waterfall |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:58 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55954 |