Syafaat, Elysa (2024) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X TBSM Pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik Yang Pembelajarannya Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning di SMKS Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193122018_Cover.pdf
Download (63kB)
5193122018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
5193122018_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
5193122018_Abstrak.pdf
Download (128kB)
5193122018_Daftar_Isi.pdf
Download (84kB)
5193122018_Daftar_Tabel.pdf
Download (59kB)
5193122018_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
5193122018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (85kB)
5193122018_BAB_I.pdf
Download (272kB)
5193122018_BAB_V.pdf
Download (124kB)
5193122018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (88kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan hasil belajar Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. 2) Mendeskripsikan hasil belajar Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. 3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya
menggunakan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Imelda Medan Jl. Bilal No. 52, Pulo Brayan Darat I, Kec. Medan Timur, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TBSM
yang berjumlah 60 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TBSM 1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas X TBSM 2 berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil belajar siswa pada kelas X TBSM 1 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 56.78 dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh rata-rata pos-tes 81.56 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas X TBSM 2 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 46.11 dan setelah diberikan model Discovery Learning diperoleh rata-rata pos-tes 72.33. Hasil perhitungan uji t postes diperoleh nilai �ℎ����� sebesar 3.703 dan ������ sebesar 2.002 pada taraf ∝ = 0.05 sehingga diperoleh (3.703 > 2.002), sehingga �0 ditolak dan �� diterima, ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model
Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, dan Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:41 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55952 |