Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X TBSM Pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik Yang Pembelajarannya Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning di SMKS Imelda Medan

Syafaat, Elysa (2024) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X TBSM Pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik Yang Pembelajarannya Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning di SMKS Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193122018_Cover.pdf] Text
5193122018_Cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 5193122018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193122018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5193122018_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193122018_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5193122018_Abstrak.pdf] Text
5193122018_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 5193122018_Daftar_Isi.pdf] Text
5193122018_Daftar_Isi.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5193122018_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193122018_Daftar_Tabel.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 5193122018_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193122018_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5193122018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193122018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 5193122018_BAB_I.pdf] Text
5193122018_BAB_I.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 5193122018_BAB_V.pdf] Text
5193122018_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 5193122018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193122018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan hasil belajar Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. 2) Mendeskripsikan hasil belajar Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. 3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Otomotif Elemen Gambar Teknik yang pembelajarannya
menggunakan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning pada kelas X TBSM di SMKS Imelda Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Imelda Medan Jl. Bilal No. 52, Pulo Brayan Darat I, Kec. Medan Timur, Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TBSM
yang berjumlah 60 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TBSM 1 yang berjumlah 30 siswa dan kelas X TBSM 2 berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil belajar siswa pada kelas X TBSM 1 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 56.78 dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh rata-rata pos-tes 81.56 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas X TBSM 2 sebelum diberikan perlakuan rata-rata pre-tes 46.11 dan setelah diberikan model Discovery Learning diperoleh rata-rata pos-tes 72.33. Hasil perhitungan uji t postes diperoleh nilai �ℎ����� sebesar 3.703 dan ������ sebesar 2.002 pada taraf ∝ = 0.05 sehingga diperoleh (3.703 > 2.002), sehingga �0 ditolak dan �� diterima, ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model
Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, dan Gambar Teknik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:41
Last Modified: 30 Apr 2024 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55952

Actions (login required)

View Item
View Item