PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA

L.Tobing NIM, Friska Amelia (2023) PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193331005_Cover.pdf] Text
4193331005_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4193331005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193331005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 4193331005_Abstrak.pdf] Text
4193331005_Abstrak.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4193331005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193331005_Kata_Pengantar.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 4193331005_Daftar_Isi.pdf] Text
4193331005_Daftar_Isi.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4193331005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193331005_Daftar_Gambar.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4193331005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193331005_Daftar_Tabel.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 4193331005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193331005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4193331005_BAB_I.pdf] Text
4193331005_BAB_I.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of 4193331005_BAB_V.pdf] Text
4193331005_BAB_V.pdf

Download (255kB)

Abstract

Peneitian ini dilakukan di sekolah SMA Laksamana Martadinata Medan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal evaluasi untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat
tinggi peserta didik pada materi Termokimia dengan menggunakan model pegembangan (Research and Development, R&D) model 4D yang meliputi, yaitu;. Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Dissemenate (penyebaran). Sampel dalam penelitian yaitu 36 orang peserta didik yang dipilih dengan cara purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah soal evaluasi dan lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan soal evaluasi untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi termokimia, pada tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan memebrikan soal HOTS mendapatkan hasil kemampuan yang sangat kurang sebesar 44,5% dan mendapatkan hasil yang sangat layak pada lembar validasi oleh validator ahli yaitu; dosen 91% dan guru 94%. Produk akhir yang berupa 32 soal yang valid dari rancangan awal produk 40 butir soal. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa instrumen soal evaluasi untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan validitas isi dengan rata-rata persentase penilaian 90% dan memenuhi kelayakan validitas konstruksi sehingga instrumen soal evaluasi dianggap baik. Instrumen soal evaluasi ini efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur kemampuan keterampian berpikir
tingkat tinggi peserta didik pada materi Termokimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir Tingkat Tinggi; Materi Termokimia; Lembar validasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:53
Last Modified: 30 Apr 2024 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55927

Actions (login required)

View Item
View Item