Simbolon, Erwin Josep Reymond (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Bidang Pengelasan Las SMAW Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192421004_Cover.pdf
Download (258kB)
5192421004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5192421004_Kata_Pengantar.pdf
Download (391kB)
5192421004_Abstrak.pdf
Download (466kB)
5192421004_Daftar_Isi.pdf
Download (275kB)
5192421004_Daftar_Tabel.pdf
Download (247kB)
5192421004_Daftar_Gambar.pdf
Download (244kB)
5192421004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (274kB)
5192421004_BAB_I.pdf
Download (734kB)
5192421004_BAB_V.pdf
Download (300kB)
5192421004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (418kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar bidang pengelasan siswa kelas XI yang rendah di SMK Negeri 2 Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan yang terdiri dari 33 siswa penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap dalam 1 siklus yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru bidang studi pengelasan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa
dan guru dalam pembelajaran, lembar penilaian proyek dan instrumen tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan hasil yang
meningkat pada persentase ketuntasan hasil belajar dalam bidang pengelasan las SMAW kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Medan setiap siklus. Sebelum pembelajaran project based learning dilakukan nilai rata-rata tes awal (pre-test)
siswa adalah 64,84 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 18,20%. Kemudian Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar meningkat sebesar 48,5% dengan 16 siswa yang mencapai nilai KKM sekolah dengan nilai rata-rata
sebesar 73,96. Sedangkan pada siklus II hasil belajar semakin meningkat menjadi 84,80% dengan 28 siswa yang mencapai nilai KKM sekolah dengan nilai rata-rata sebesar 81,02. Karena ketuntasan hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan yaitu >80% dengan siswa memperoleh nilai lebih atau sama dengan nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa bidang pengelasan dengan menggunakan model pembelajaran project based learning bidang pengelasan las SMAW kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning; Hasil Belajar; Pengelasan SMAW |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:26 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55922 |