Purba, Rivaldo (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Era Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Dasar Program Keahlian pada Elemen Teori Dasar Listrik dan Bahan Yang Digunakan Dalam Ketenagalistrikan Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajar 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193131005_Cover.pdf
Download (149kB)
5193131005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (260kB)
5193131005_Kata_Pengantar.pdf
Download (300kB)
5193131005_Abstrak.pdf
Download (296kB)
5193131005_Daftar_Isi.pdf
Download (253kB)
5193131005_Daftar_Tabel.pdf
Download (157kB)
5193131005_Daftar_Gambar.pdf
Download (122kB)
5193131005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (145kB)
5193131005_BAB_I.pdf
Download (399kB)
5193131005_BAB_V.pdf
Download (262kB)
5193131005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (231kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Perbedaan Hasil Belajar pada Elemen Teori Dasar Listrik dan Bahan Yang Digunakan dalam Ketenagalitrikan antara siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan ssiswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, yang dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL di SMK Negeri 5 Medan dan sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas Eksperimen adalah X-TITL 3 yang berjumlah 34 siswa serta kelas Kontrol adalah kelas X-TITL 1 yang berjumlah 34 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 68 siswa. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan hasil belajar pada Elemen Teori Dasar Listrik dan Bahan yang digunakan dalam Ketenagalistrikan antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Model Pembelajaran Discovery Learning, dimana hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Nilai rata-rata pre-test pada kelompok eksperimen yang diajar dengan Model Pembelajaran Prolem Based Learning (PBL)
sebesar 66,37 dan nilai rata-rata post-test sebesar 84,31. Nilai rata-rata pre-test pada kelompok kontrol yang diajar dengan Model pembelajaran Discovery Learning sebesar 62,745 dan nilai rata-rata post-test sebesar 77,84. Hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5%
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Hasil uji hipotesis
menunjukkan thitung = 6,18 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t’’ pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk = 34+34-2 = 66 yang bernilai ttabel = 1,668, diperoleh (6,18 > 1,668), sehingga dapat disimpulkan bahwasanya hasil belajar
yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Discovery Learning; Hasil Belajar Elemen Teori dasar Listrik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:47 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55896 |