Simanjuntak, Ristiani Aprilia (2024) Pengembangan Trainer Air Conditioning (AC) Untuk Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI Teknik Pendinginan dan Tata Udara SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192431005_Cover.pdf
Download (63kB)
5192431005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (257kB)
5192431005_Kata_Pengantar.pdf
Download (118kB)
5192431005_Abstrak.pdf
Download (187kB)
5192431005_Daftar_Isi.pdf
Download (113kB)
5192431005_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
5192431005_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
5192431005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (85kB)
5192431005_BAB_I.pdf
Download (325kB)
5192431005_BAB_V.pdf
Download (176kB)
5192431005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (291kB)
Abstract
Metode pembelajaran pada konsentrasi Teknik Pendinginan dan Tata Udara masih memakai metode pembelajaran ceramah karena kurangnya media pembelajaran pada konsentrasi keahlian Teknik Pendinginan dan Tata Udara. Trainer di sekolah masih sangat biasa yaitu komponen yang ada pada trainer masih kurang lengkap untuk digunakan dalam praktik. Serta kurangnya perangkat pembelajaran seperti jobsheet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan trainer Air Conditioning (AC), mengetahui tingkat kelayakan trainer Air Conditioning (AC), mengetahui tingkat kelayakan jobsheet, dan mengetahui respon siswa terhadap trainer Air Conditioning (AC). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September 2023 dan diuji coba kan pada siswa kelas XI Teknik Pendinginan dan Tata Udara. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development atau R&D, merujuk pada model ADDIE yang diadaptasi oleh Branch (2009). Ada lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah
angket dengan empat pilihan jawaban untuk ahli media, ahli materi dan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan berupa trainer Air Conditioning (AC) dilengkapi dengan buku panduan penggunaan dan jobsheet sebagai media pendukung pembelajaran pada siswa kelas XI Teknik Pendinginan dan Tata Udara di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hasil uji kelayakan, menurut ahli media nilai rerata 82,6 dari nilai maksimal 84, dikategorikan "Sangat Layak" dengan persentase 98,3%. Menurut ahli materi skor rerata 76 dari skor maksimal 80, maka dikategorikan "Sangat Layak" dengan persentase 95%. Respons siswa kelas XI Teknik Pendinginan dan Tata Udara terhadap produk juga menghasilkan nilai rerata 78,4 dari
nilai maksimal 80, dengan kategori "Sangat Layak" dan persentase 98%. Respons positif pengguna terhadap media pembelajaran trainer Air Conditioning (AC) menunjukkan bahwa trainer layak digunakan pada konsentrasi Teknik Pendinginan dan Tata Udara di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media; Pembelajaran; Trainer; Air Conditioning; Pengembangan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:36 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55894 |