PENDAMPINGAN PERANCANGAN E-BOOK BAHASA PERANCIS BERBASIS KURIKULUM MERDEKA KEPADA PENGAJAR BAHASA PERANCIS (MGMP) DI SMA/SMK SE-SUMUT

Marice and Sitompul, Jubliana Lamria and Surya, Masriani and Ria, Fuji (2023) PENDAMPINGAN PERANCANGAN E-BOOK BAHASA PERANCIS BERBASIS KURIKULUM MERDEKA KEPADA PENGAJAR BAHASA PERANCIS (MGMP) DI SMA/SMK SE-SUMUT. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 13 September 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (599kB)

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah sebuah lembaga atau wadah yang
bersifat profesional. MGMP bahasa Perancis merupakan organisasi pengajar yang
khusus mengajarkan bahasa Perancis di sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA)
sederajat. Organisasi bahasa Perancis ini terdapat di seluruh Indonesia, salah satunya
berada di Sumatera Utara (SUMUT) yang ketuanya adalah juga salah seorang
pengajar bahasa Perancis. MGMP SUMUT yang sampai saat ini beranggotakan 30
guru bahasa Perancis yang mengajar di sekolah Negeri dan Swasta. Perkembangan
IPTEK dan terdapatnya transformasi pendidikan dari konvensional menjadi berbasis elearning
berdampak secara signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam
proses pembelajaran. Disamping itu, dampak dari pandemic Covid-19 yang melanda
seluruh dunia menyebabkan perubahan dalam proses pembelajaran dari tatap muka
menjadi non-tatap muka (on line), guru dan siswa hanya beraktivitas melalui dunia
maya selama masa pandemi. Situasi ini membawa pengaruh terhadap kondisi
pembelajaran di kelas, khususnya bagi pengajar bahasa Perancis yang tergabung
dalam MGMP yang harus melek teknologi untuk dapat mempersiapkan materi
pembelajarannya yang selama ini cenderung hanya menggunakan buku cetak yang
tersedia di sekolah. Selain itu, kurikulum di sekolah juga mengalami perubahan melalui
kebijakan Pemerintah yaitu dari K-13 menjadi Merdeka Belajar yang bertujuan
mengembalikan otoritas sekolah dan pemerintah daerah untuk mengelola sendiri
pendidikan yang sesuai dengan kondisi di daerahnya, mempercepat pencapaian tujuan
pendidikan nasional, dan menyiapkan tantangan global era revolusi 4.0. Kondisi ini
memunculkan permasalahan baru dalam mensinkronisasikan seluruh pembelajaran
sehingga memerlukan sebuah sistem media pembelajaran berbasis elektronik, salah
satunya adalah kebutuhan terhadap buku ajar e-book untuk memfasilitasi guru dan
siswa dalam memenuhi tuntutan kebijakan kurikulum Merdeka Belajar. Kegiatan telah
dilaksanakan yang pertama melalui sosialiasi terkait kurikulum merdeka, selanjutnya
analisis kebutuhan terhadap materi ajar, FGD materi ajar dalam tim, pengerjaan
materi ajar masing-masing tim, review materi oleh tim pelaksana kegiatan. Selanjutnya
akan dilakukan Bimtek terkait e-book menggunakan aplikasi HTML Flip Professional,
kemudian evaluasi terhadap kegiatan dan produk.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: MGMP, E-Book, Bahasa Perancis, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:25
Last Modified: 30 Apr 2024 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55889

Actions (login required)

View Item
View Item