Sagala, Helton (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TITL di SMK Swasta Teladan Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193331007_Cover.pdf
Download (49kB)
5193331007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (392kB)
5193331007_Kata_Pengantar.pdf
Download (174kB)
5193331007_Abstrak.pdf
Download (283kB)
5193331007_Daftar_Isi.pdf
Download (260kB)
5193331007_Daftar_Tabel.pdf
Download (208kB)
5193331007_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
5193331007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (209kB)
5193331007_BAB_I.pdf
Download (454kB)
5193331007_BAB_V.pdf
Download (305kB)
5193331007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (144kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Perbedaan Hasil Belajar pada Dasar Listrik dan Elektronika antara siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) dan siswa
yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X SMK Swasta Teladan Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, yang
dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL di SMK Swasta Teladan Medan dan sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas Eksperimen adalah X-TITL 1 yang berjumlah 30 siswa serta Kelas Kontrol adalah kelas X-TITL 2 yang berjumlah 30 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan hasil belajar terhadap Dasar Listrik dan elektronika yang digunakan antara Model Pembelajaran Active
Learning tipe Questions Students Have (QSH) dengan Model Pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Nilai rata-rata post-test pada kelompok eksperimen yang diajar dengan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) dengan nilai rata-rata sebesar
80,11. nilai rata-rata post-test pada kelompok kontrol yang diajar dengan Model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai rata-rata sebesar 67,89. Hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran yang diajarkan
dengan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) dengan pembelajaran yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung=4,808 dan bila
dikonsultasikan dengan nilai tabel “t’’ pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk = 30+30-2 = 58 yang bernilai ttabel = 2,002. Dengan membandingkan thitung dan ttabel maka diperoleh (4,808 > 2,002), sehingga dapat disimpulkan bahwasanya hasil belajar yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH); Hasil Belajar; Listrik; Elektronika |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:04 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55877 |