Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TITL di SMK Swasta Teladan Medan

Sagala, Helton (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TITL di SMK Swasta Teladan Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193331007_Cover.pdf] Text
5193331007_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 5193331007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193331007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 5193331007_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193331007_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 5193331007_Abstrak.pdf] Text
5193331007_Abstrak.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 5193331007_Daftar_Isi.pdf] Text
5193331007_Daftar_Isi.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 5193331007_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193331007_Daftar_Tabel.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 5193331007_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193331007_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 5193331007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193331007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 5193331007_BAB_I.pdf] Text
5193331007_BAB_I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 5193331007_BAB_V.pdf] Text
5193331007_BAB_V.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 5193331007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193331007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Perbedaan Hasil Belajar pada Dasar Listrik dan Elektronika antara siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) dan siswa
yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X SMK Swasta Teladan Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, yang
dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL di SMK Swasta Teladan Medan dan sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas Eksperimen adalah X-TITL 1 yang berjumlah 30 siswa serta Kelas Kontrol adalah kelas X-TITL 2 yang berjumlah 30 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan hasil belajar terhadap Dasar Listrik dan elektronika yang digunakan antara Model Pembelajaran Active
Learning tipe Questions Students Have (QSH) dengan Model Pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Nilai rata-rata post-test pada kelompok eksperimen yang diajar dengan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) dengan nilai rata-rata sebesar
80,11. nilai rata-rata post-test pada kelompok kontrol yang diajar dengan Model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai rata-rata sebesar 67,89. Hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran yang diajarkan
dengan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) dengan pembelajaran yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung=4,808 dan bila
dikonsultasikan dengan nilai tabel “t’’ pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk = 30+30-2 = 58 yang bernilai ttabel = 2,002. Dengan membandingkan thitung dan ttabel maka diperoleh (4,808 > 2,002), sehingga dapat disimpulkan bahwasanya hasil belajar yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH) lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Active Learning tipe Questions Students Have (QSH); Hasil Belajar; Listrik; Elektronika
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:04
Last Modified: 30 Apr 2024 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55877

Actions (login required)

View Item
View Item