Pengaruh Model Pembelajaran Problem Open Ended dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 14 Medan T.A 2023/2024

Nasution, Dinda Nurul Kholifah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Open Ended dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 14 Medan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183131027_Cover.pdf] Text
5183131027_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 5183131027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183131027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 5183131027_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183131027_Kata_Pengantar.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 5183131027_Abstrak.pdf] Text
5183131027_Abstrak.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 5183131027_Daftar_Isi.pdf] Text
5183131027_Daftar_Isi.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 5183131027_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183131027_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5183131027_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183131027_Daftar_Gambar.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 5183131027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183131027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 5183131027_BAB_I.pdf] Text
5183131027_BAB_I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 5183131027_BAB_V.pdf] Text
5183131027_BAB_V.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 5183131027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183131027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem open ended lebih pengaruh daripada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dasar Teknik Ketenagalistrikan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah quasi eksperimen (eksprimen semu). Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 14
Medan. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah desain pretest posttest group desain. Pengujian pada tingkat efektivitas dilakukan dengan tujuan untuk mengukur perbedaan efektivitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan kriteria hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran problem open ended memberikan hasil belajar yang lebih tinggi pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 14 Medan dibandingkan dengan model pembelajaran problem based learning. Nilai rata-rata posttest menunjukkan perbedaan signifikan, dengan problem open ended mencapai 83,65 dan problem based learning sebesar 79,10. Hasil uji dari rata-rata posttest diperoleh bahwa thitung > ttabel (2,808115479 > 2,004044769), serta nilai signifikansi P value < 0,05 (0, 006883544 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem open ended lebih tinggi dibandingkan menggunakan
model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Open Ended; Problem Based Learning; Pengaruh; Posttest; Pretest
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:41
Last Modified: 30 Apr 2024 01:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55869

Actions (login required)

View Item
View Item