Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 5 Medan

Hutagalung, Aprida Valentina (2024) Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193331002_Cover.pdf] Text
5193331002_Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 5193331002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193331002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5193331002_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193331002_Kata_Pengantar.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 5193331002_Abstrak.pdf] Text
5193331002_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5193331002_Daftar_Isi.pdf] Text
5193331002_Daftar_Isi.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 5193331002_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193331002_Daftar_Tabel.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 5193331002_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193331002_Daftar_Gambar.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 5193331002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193331002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 5193331002_BAB_I.pdf] Text
5193331002_BAB_I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 5193331002_BAB_V.pdf] Text
5193331002_BAB_V.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5193331002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193331002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1). hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Open Ended Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan. (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan (3) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended lebih tinggi pada
mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan.
Penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen dimana melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah, nilai rata-rata, standar deviasi dan varians, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jika thitung > ttabel didapatkah sebesar 1,692 dan data tabel diketahui 1,672. Maka, kriteria pengujian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,692 >1,672 artinya Ha diterima yang berarti adanya pengaruh model
pembelajaran Open Ended terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dasar Teknik Ketenagalistrikan kelas X TITL pada kompetensi dasar menentukan Alat-alat Tangan dan Alat Kelistrikan. Dan dapat disimpulkan penerapan model
pembelajaran Open Ended memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL SMK N 5 Medan. Model pembelajaran Open Ended lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Cooperative Learning; Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan; Hasil belajar; Open Ended
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:27
Last Modified: 30 Apr 2024 01:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55863

Actions (login required)

View Item
View Item