Aulia, Dinda Riski (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PJBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311006_Cover.pdf
Download (132kB)
4193311006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (693kB)
4193311006_Abstrak.pdf
Download (363kB)
4193311006_Kata_Pengantar.pdf
Download (770kB)
4193311006_Daftar_Isi.pdf
Download (166kB)
4193311006_Daftar_Isi.pdf
Download (166kB)
4193311006_Daftar_Tabel.pdf
Download (119kB)
4193311006_Daftar_Gambar.pdf
Download (91kB)
4193311006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (108kB)
4193311006_BAB_I.pdf
Download (770kB)
4193311006_BAB_V.pdf
Download (358kB)
4193311006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (397kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis PjBL-STEM yang valid, praktis, dan efektif sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi LKPD berbasis PjBL-STEM , angket respon siswa dan guru terhadap LKPD berbasis PjBL-STEM, serta tes kemampuan berpikir kreatif matematis (pretest dan posttest). Setelah instrumen dan LKPD berbasis PjBLSTEM dinyatakan valid oleh validator , kemudian dilanjutkan dengan uji coba lapangan dan penerapan LKPD berbasis PjBL-STEM. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa: (1) LKPD berbasis PjBL-STEM yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dari validator dengan persentase rata-rata validasi pada aspek materi sebesar 3,94 dan pada aspek penyajian sebesar 3,60 dengan kategori sangat layak, (2) LKPD berbasis PjBL-STEM yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa yaitu sebesar 78% dan guru yaitu sebesar 91,67% dan dikategorikan sangat praktis, (3) LKPD berbasis PjBL-STEM yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal yaitu ≥ 85%, (b) ketercapaian indikator pembelajaran yaitu ≥ 75%, (c) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan LKPD berbasis PjBL-STEM mengalami peningkatan dari yaitu indikator berpikir lancar sebesar 27%, berpikir luwes 20%, indikator berpikir original 18%, indikator elaboratif 13% dan hasil N-Gain memaparkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengalami kenaikan sebesar 0,50 dengan kategori sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD; PjBL-STEM; kemampuan berpikir kreatif matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 15:15 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 15:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55859 |