ANALYZING STUDENTS’ MATHEMATICAL LITERACY OF SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 21 DOLOK BATU NANGGAR USING PISA-BASED QUESTIONS

Putri, Dhea Anisah (2023) ANALYZING STUDENTS’ MATHEMATICAL LITERACY OF SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 21 DOLOK BATU NANGGAR USING PISA-BASED QUESTIONS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111017_Cover.pdf] Text
4193111017_Cover.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 4193111017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of 4193111017_Abstrak.pdf] Text
4193111017_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4193111017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111017_Kata_Pengantar.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 4193111017_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111017_Daftar_Isi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4193111017_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111017_Daftar_Tabel.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 4193111017_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111017_Daftar_Gambar.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4193111017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4193111017_BAB_I.pdf] Text
4193111017_BAB_I.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 4193111017_BAB_V.pdf] Text
4193111017_BAB_V.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4193111017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa SMP Muhammadiyah 21 di Dolok Batu Nanggar dengan menggunakan soal berbasis PISA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa (tinggi, sedang, rendah) dari siswa kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis SMP Swasta Muhammadiyah 21 Dolok Batu Nanggar sangat rendah dengan persentase skor 0 poin sebesar 49,02% dari 102 siswa dan nilai tertinggi siswa adalah 61. Semakin tinggi tingkatan soal, semakin sedikit indikator literasi matematika yang dapat diidentifikasi. Terdapat beberapa pola dalam hasil identifikasi indikator literasi matematis untuk subjek 1, subjek 2, subjek 3, subjek 4, subjek 5, dan subjek 6 dalam menyelesaikan soal tingkat 3 dan tingkat 4. Selain itu, untuk soal tingkat 5 dan tingkat 6 terdapat beberapa pola untuk siswa tinggi dan sedang tetapi tidak ada pola untuk subjek berkemampuan rendah karena soal-soal tersebut membutuhkan kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah yang tinggi. Pola yang berbeda teridentifikasi karena perbedaan kemampuan dalam menyelesaikna masalah. Kurangnya informasi yang diperoleh karena jawaban subjek dalam lembar jawaban mereka tidak lengkap dan mereka tidak dapat menjelaskan jawaban mereka dalam wawancara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi Matematika; PISA; Soal Berbasis PISA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 Apr 2024 13:12
Last Modified: 29 Apr 2024 13:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55856

Actions (login required)

View Item
View Item