Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Smk Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2020/2021

PASARIBU, DIRAJA UTAMA (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Smk Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5163322004 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5163322004 COVER.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5163322004 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5163322004 APPROVAL SHEET.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5163322004 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5163322004 ABSTRACT.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5163322004 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5163322004 PREFACE.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5163322004 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5163322004 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5163322004 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5163322004 TABLES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5163322004 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5163322004 ILLUSTRATION.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5163322004 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5163322004 APPENDICES.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5163322004 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5163322004 CHAPTER I.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5163322004 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5163322004 CHAPTER V.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5163322004 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5163322004 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
penerapan model pembelajaran problem based learning pada proses pembelajaran
di kelas XI TKR IV SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan mata pelajaran
pemeliharaan mesin kendaraan ringan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.
Subjek penelitian ini siswa kelas XI TKR IV SMK Swasta Mandiri Percut Sei
Tuan yang berjumlah 45 siswa dan seluruhnya siswa laki-laki. Penelitian ini
dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, oberservasi dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini
adalah post test pada akhir siklus dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran perawatan mesin kendaraan ringan materi pokok sistem
pelumasan. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif siswa siklus I terdapat
sebanyak 26 orang siswa dengan persentase 57,77% mendapat nilai tuntas dan
sebanyak 19 orang siswa dengan persentase 67,77% dinyatakan tidak tuntas, nilai
rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 67,44%. Karena hasil Siklus I masih rendah
maka dilakukan tindakan lanjutan pada siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan
hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebanyak 39 orang siswa dengan
persentase 86,66% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 6 orang siswa
13,33% dinyatakan tidak tuntas nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77,55%.
Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran problem based learning dalam proses pembelajaran dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran perawatan mesin
kendaraan ringan di kelas XI SMK Swata Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran
2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 29 Apr 2024 09:39
Last Modified: 29 Apr 2024 09:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55838

Actions (login required)

View Item
View Item