Efektivitas Pembelajaran Daring(E�Learning) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKR Di SMK Swasta Bandung Percut Sei Tuan

Simamora, Ahmad Zumadi (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring(E�Learning) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKR Di SMK Swasta Bandung Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5162322001 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5162322001 COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5162322001 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5162322001 APPROVAL SHEET.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5162322001 PREFACE.pdf] Text
3. NIM. 5162322001 PREFACE.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5162322001 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM. 5162322001 ABSTRACT.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5162322001 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5162322001 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5162322001 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5162322001 TABLES.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5162322001 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5162322001 ILLUSTRATION.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5162322001 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5162322001 APPENDICES.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5162322001 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5162322001 CHAPTER I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5162322001 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5162322001 CHAPTER V.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5162322001 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5162322001 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (296kB)

Abstract

Dengan adanya peraturan mentri yang mengharuskan pembelajaran
dilakukan secara daring, maka siswa harus belajar dari rumah hanya dengan
menggunakan perangkat smartphone. Akan tetapi pembelarajan ini masih baru di
SMK Swasta Bandar Setia Ujung dan belum diketahui apakah Pembelajaran ini
berlangsung dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran PKKR di kelas XI SMK
Swasta Bandar Setia Ujung. Adapun pertanyaan yang ingin di jawab adalah
apakah pembelajaran daring pada mata pelajaran PKKR berlangsung dengan
efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Yang menjadi
subyek pada penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran PKKR dan siswa
kelas XI TKRO. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan
menggunakan kuisioner, sedangkan untuk pengolahan data dengan pengumpulan
data, tabulasi data dan analisis data secara deskriftif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran
daring menurut pengalaman siswa termasuk ke dalam kategori cukup efektif
dengan nilai 75,6% , yang menjadi faktor penghambat pada pembelajaran daring
ini adalah perangkat yang digunakan siswa dan jaringan yang kurang memadai
serta kurangnya motivasi belajar siswa yang disebabkan suasana kelas saat belajar
daring sangat berbeda dengan belajar luring sehingga saat pembelajaran tatap
muka melalui Zoom ada saja siswa yang tidak menghadiri pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efektifitas; Pembelajaran; Daring; Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan; Pandemi Covid-19
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 29 Apr 2024 09:29
Last Modified: 29 Apr 2024 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55836

Actions (login required)

View Item
View Item