Simamora, Ahmad Zumadi (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring(E�Learning) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI TKR Di SMK Swasta Bandung Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162322001 COVER.pdf
Download (44kB)
2. NIM. 5162322001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (241kB)
3. NIM. 5162322001 PREFACE.pdf
Download (207kB)
4. NIM. 5162322001 ABSTRACT.pdf
Download (141kB)
5. NIM. 5162322001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (139kB)
6. NIM. 5162322001 TABLES.pdf
Download (110kB)
7. NIM. 5162322001 ILLUSTRATION.pdf
Download (110kB)
8. NIM. 5162322001 APPENDICES.pdf
Download (111kB)
9. NIM. 5162322001 CHAPTER I.pdf
Download (363kB)
13. NIM. 5162322001 CHAPTER V.pdf
Download (166kB)
14. NIM. 5162322001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (296kB)
Abstract
Dengan adanya peraturan mentri yang mengharuskan pembelajaran
dilakukan secara daring, maka siswa harus belajar dari rumah hanya dengan
menggunakan perangkat smartphone. Akan tetapi pembelarajan ini masih baru di
SMK Swasta Bandar Setia Ujung dan belum diketahui apakah Pembelajaran ini
berlangsung dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran PKKR di kelas XI SMK
Swasta Bandar Setia Ujung. Adapun pertanyaan yang ingin di jawab adalah
apakah pembelajaran daring pada mata pelajaran PKKR berlangsung dengan
efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Yang menjadi
subyek pada penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran PKKR dan siswa
kelas XI TKRO. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan
menggunakan kuisioner, sedangkan untuk pengolahan data dengan pengumpulan
data, tabulasi data dan analisis data secara deskriftif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran
daring menurut pengalaman siswa termasuk ke dalam kategori cukup efektif
dengan nilai 75,6% , yang menjadi faktor penghambat pada pembelajaran daring
ini adalah perangkat yang digunakan siswa dan jaringan yang kurang memadai
serta kurangnya motivasi belajar siswa yang disebabkan suasana kelas saat belajar
daring sangat berbeda dengan belajar luring sehingga saat pembelajaran tatap
muka melalui Zoom ada saja siswa yang tidak menghadiri pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektifitas; Pembelajaran; Daring; Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan; Pandemi Covid-19 |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 09:29 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55836 |