Tarigan, Obet (2024) Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetetion) Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar DPIB Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193111014_Cover.pdf
Download (154kB)
5193111014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (307kB)
5193111014_Kata_Pengantar.pdf
Download (216kB)
5193111014_Abstrak.pdf
Download (128kB)
5193111014_Daftar_Isi.pdf
Download (157kB)
5193111014_Daftar_Tabel.pdf
Download (98kB)
5193111014_Daftar_Gambar.pdf
Download (96kB)
5193111014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (189kB)
5193111014_BAB_I.pdf
Download (441kB)
5193111014_BAB_VI.pdf
Download (29kB)
5193111014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (214kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetetion Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar DPIB Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi
Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan nilai ulangan harian Dasar Dasar DPIB siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam masih banyak siswanya yang nilainya tidak mencapai KKM, sehinnga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode quasy eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Direct Learning dengan model Auditory, Intellectualy, Repetetion (AIR). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 22 butir soal yang sudah diuji validitas tes tersebut dan dinyatakan valid. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Direct Learning. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian. dari data penelitian rata-rata hasil belajar yang rata-rata hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Auditory,
Intellectualy, Repetition (AIR) 83,1 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model Direct Learning 71,03. Pengaruh hasil belajar model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) dibuktikan dengan analisis
statistik uji-t satu pihak yang menunjukkan thitung 4,34>ttabel 1,627. Pada model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) siswa lebih senang belajar
karena dengan model tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan saling berkomunikasi antar siswa sehinnga hasil belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran dengan model Direct Learning menyebabkan siswa cedrung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajakan oleh guru tanpa berperan serta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | AIR (Auditory, Intellectually, Repetetion); Hasil Belajar; Dasar-Dasar DPIB, SMK Negeri 1 Lubuk Pakam |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:54 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55826 |