Iralla, Nisa (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar DPIB Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK N 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192411002_Cover.pdf
Download (198kB)
5192411002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (206kB)
5192411002_Kata_Pengantar.pdf
Download (111kB)
5192411002_Abstrak.pdf
Download (203kB)
5192411002_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
5192411002_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
5192411002_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
5192411002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
5192411002_BAB_I.pdf
Download (431kB)
5192411002_BAB_V.pdf
Download (180kB)
5192411002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (125kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Dasar-dasar DPIB pada Elemen 2 Perkembangan Teknologi dan Isu-isu Global terkait Green Building dan Suistainable Building di Kelas X DPIB Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 14 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemua. Setiap Pertemuan terdiri dari tahapan Perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar, lembar observasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 soal pada siklus 1 terdapat
20 soal valid, uji tingkat kesukaran test terdapat 3 soal sukar, 4 soal sedang dan 14 soal mudah, uji pembeda tes terdapat 6 soal baik dan 14 soal cukup, uji reliabilitas
0,865 (sangat tinggi). Pada Siklus II dari 30 soal terdapat 21 soal valid,uji tingkat kesukaran test terdapat 2 soal sukar, 4 soal sedang dan 15 soal mudah, uji pembeda tes terdapat 6 soal baik dan 14 soal cukup dan 1 soal jelek, uji reliabilitas 0,854 (sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I rata rata 68 menjadi 89,5 pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata sebesar 31,61%. Selanjutnya perolehan hasil belajar dari siklus I rata rata 75,66 menjadi 89,02 terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan rerata kelas mencapai 89,02 dengan ketercapaian kelas lulus 100%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui model pembelajaran TAI pada mata pelajaran Dasar-dasar DPIB Kelas X DPIB SMK N 14 Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI); Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:14 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55814 |