Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar DPIB Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK N 14 Medan

Iralla, Nisa (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar DPIB Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK N 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192411002_Cover.pdf] Text
5192411002_Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 5192411002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192411002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5192411002_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192411002_Kata_Pengantar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 5192411002_Abstrak.pdf] Text
5192411002_Abstrak.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 5192411002_Daftar_Isi.pdf] Text
5192411002_Daftar_Isi.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 5192411002_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192411002_Daftar_Tabel.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5192411002_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192411002_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 5192411002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192411002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 5192411002_BAB_I.pdf] Text
5192411002_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 5192411002_BAB_V.pdf] Text
5192411002_BAB_V.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 5192411002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192411002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Dasar-dasar DPIB pada Elemen 2 Perkembangan Teknologi dan Isu-isu Global terkait Green Building dan Suistainable Building di Kelas X DPIB Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 14 Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemua. Setiap Pertemuan terdiri dari tahapan Perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar, lembar observasi dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 soal pada siklus 1 terdapat
20 soal valid, uji tingkat kesukaran test terdapat 3 soal sukar, 4 soal sedang dan 14 soal mudah, uji pembeda tes terdapat 6 soal baik dan 14 soal cukup, uji reliabilitas
0,865 (sangat tinggi). Pada Siklus II dari 30 soal terdapat 21 soal valid,uji tingkat kesukaran test terdapat 2 soal sukar, 4 soal sedang dan 15 soal mudah, uji pembeda tes terdapat 6 soal baik dan 14 soal cukup dan 1 soal jelek, uji reliabilitas 0,854 (sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I rata rata 68 menjadi 89,5 pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata sebesar 31,61%. Selanjutnya perolehan hasil belajar dari siklus I rata rata 75,66 menjadi 89,02 terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan rerata kelas mencapai 89,02 dengan ketercapaian kelas lulus 100%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui model pembelajaran TAI pada mata pelajaran Dasar-dasar DPIB Kelas X DPIB SMK N 14 Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI); Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:14
Last Modified: 29 Apr 2024 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55814

Actions (login required)

View Item
View Item