Azni, Dihan Afifah (2024) Hubungan Antara Kelengkapan Sarana dan Prasarana Ruang Gambar Manual dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193111025_Cover.pdf
Download (82kB)
5193111025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (376kB)
5193111025_Kata_Pengantar.pdf
Download (267kB)
5193111025_Abstrak.pdf
Download (257kB)
5193111025_Daftar_Isi.pdf
Download (193kB)
5193111025_Daftar_Tabel.pdf
Download (123kB)
5193111025_Daftar_Gambar.pdf
Download (74kB)
5193111025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (98kB)
5193111025_BAB_I.pdf
Download (917kB)
5193111025_BAB_V.pdf
Download (197kB)
5193111025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (209kB)
Abstract
Sarana dan prasaran sangat penting untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Sekolah membutuhkan sarana dan prasarana untuk mendukung proses belajar mengajar agar siswa lebih tertarik dan lebih mudah menerima penjelasan oleh guru. Jika sarana dan prasarana yang disediakan kurang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Tujuan penelitian yang dicapai untuk mengetahui hubungan antara kelengkapan sarana dan prasarana ruang gambar manual dengan hasil belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X DPIB. Penelitian ini menggunakan metode studi korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes hasil belajar. Angket digunakan untuk mengetahui persepsi siswa tentang sarana dan prasarana yang ada diruang gambar manual, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) sarana dan prasarana ruang gambar manual termasuk kategori Lengkap dengan skor rata-rata 60,33 (b) hasil belajar pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X DPIB termasuk dengan total skor rata-rata sebesar 82, 12 sangat sesuai harapan (c) hasil uji koefisien korelasi rhitung sebesar 0,966 dengan taraf signifikan 5%. Adapun persentase pengaruh sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran gambar teknik sebesar 93,31% sedangkan sisanya sebesar 6,69% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sarana dan prasarana; Hasil belajar; Gambar teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:45 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55808 |