PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STOTYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS VIII MTS SWASTA SHOLIHIN

Ramadhani, Desi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STOTYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS VIII MTS SWASTA SHOLIHIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111008_Cover.pdf] Text
4191111008_Cover.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4191111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 4191111008_Abstrak.pdf] Text
4191111008_Abstrak.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4191111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 4191111008_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111008_Daftar_Isi.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 4191111008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111008_Daftar_Tabel.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 4191111008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111008_Daftar_Gambar.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 4191111008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 4191111008_BAB_I.pdf] Text
4191111008_BAB_I.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of 4191111008_BAB_V.pdf] Text
4191111008_BAB_V.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4191111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Pengetahuan ini bertujuan guna meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa melewati pengembangan media belajar. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VIII-A MTS Swasta Sholihin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media belajar yang dilakukan pengembangan layak digunakan sebagai media belajar, terutama untuk materi bangun ruang sisi datar. Validasi materi dan media memperlihatkan persentase 89,85% dalam kategori sangat layak, meliputi penilaian terhadap isi, bahasa, dan penyajian materi. Media belajar yang dilakukan pengembangan juga dinilai praktis oleh respon guru dan siswa dengan persentase 92,675% dalam kategori sangat praktis. Pengembangan media ini dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa, seperti yang terlihat dari hasil angket minat belajar dan tes. Hasil angket memperlihatkan kategori sedang dengan skor 0,52 menggunakan uji-gain, sedangkan hasil tes memperlihatkan kategori sedang dengan skor 0,57 menggunakan uji-gain. Hasil ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa secara klasikal adalah 76%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa media belajar Articulate Storyline 3 dapat digunakan sebagai media belajar di dalam kelas yang mampu meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Articulate Storyline 3; Media Pembelajaran; Minat Belajar; Pemahaman Konsep Matematika Siswa; Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 Apr 2024 15:25
Last Modified: 28 Apr 2024 15:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55746

Actions (login required)

View Item
View Item