Ramadhani, Desi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STOTYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS VIII MTS SWASTA SHOLIHIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111008_Cover.pdf
Download (186kB)
4191111008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (107kB)
4191111008_Abstrak.pdf
Download (279kB)
4191111008_Kata_Pengantar.pdf
Download (596kB)
4191111008_Daftar_Isi.pdf
Download (280kB)
4191111008_Daftar_Tabel.pdf
Download (251kB)
4191111008_Daftar_Gambar.pdf
Download (250kB)
4191111008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (249kB)
4191111008_BAB_I.pdf
Download (532kB)
4191111008_BAB_V.pdf
Download (184kB)
4191111008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
Abstract
Pengetahuan ini bertujuan guna meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa melewati pengembangan media belajar. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sampel penelitian terdiri dari 25 siswa kelas VIII-A MTS Swasta Sholihin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media belajar yang dilakukan pengembangan layak digunakan sebagai media belajar, terutama untuk materi bangun ruang sisi datar. Validasi materi dan media memperlihatkan persentase 89,85% dalam kategori sangat layak, meliputi penilaian terhadap isi, bahasa, dan penyajian materi. Media belajar yang dilakukan pengembangan juga dinilai praktis oleh respon guru dan siswa dengan persentase 92,675% dalam kategori sangat praktis. Pengembangan media ini dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa, seperti yang terlihat dari hasil angket minat belajar dan tes. Hasil angket memperlihatkan kategori sedang dengan skor 0,52 menggunakan uji-gain, sedangkan hasil tes memperlihatkan kategori sedang dengan skor 0,57 menggunakan uji-gain. Hasil ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa secara klasikal adalah 76%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa media belajar Articulate Storyline 3 dapat digunakan sebagai media belajar di dalam kelas yang mampu meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Articulate Storyline 3; Media Pembelajaran; Minat Belajar; Pemahaman Konsep Matematika Siswa; Pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 Apr 2024 15:25 |
Last Modified: | 28 Apr 2024 15:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55746 |