Napitupulu, Cristin Natalia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF APLIKASI ANDROID BERBASIS RME MELALUI PENDEKATAN BLENDED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173111010_Cover.pdf
Download (227kB)
4173111010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (217kB)
4173111010_Abstrak.pdf
Download (278kB)
4173111010_Kata_Pengantar.pdf
Download (244kB)
4173111010_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
4173111010_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
4173111010_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
4173111010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
4173111010_BAB_I.pdf
Download (560kB)
4173111010_BAB_V.pdf
Download (88kB)
4173111010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (427kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran matematika interaktif aplikasi android berbasis RME melalui pendekatan blended learning pada materi perbandingan kelas VII SMP Swasta St. Thomas 3 Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin and Peck yang disebut dengan “the CAI design model”. Model ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) fase analisis kebutuhan, (2) fase desain, dan fase pengembangan dan implementasi. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran matematika interaktif berbentuk aplikasi android berbasis RME melalui pendekatan blended learning. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang ada di SMP Swasta St. Thomas 3 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian ahli/validator, lembar pengamatan keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik, pengamatan aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif aplikasi android berbasis RME melalui pendekatan blended learning pada materi perbandingan kelas VII SMP yang dikembangkan dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri maupun bersama guru. Kevalidan media pembelajaran matematika yang dikembangkan mendapat nilai rata-rata 4,4 dari ahli media dengan kategori valid dan mendapat rata-rata 4,2 dari ahli materi dengan kategori valid. Keterlaksanaan penggunaan media mendapat nilai rata-rata 4,7 dengan kategori sangat baik, serta mendapat respon positif dari guru maupun siswa. Aktivitas peserta didik mendapat nilai rata-rata 3,5 dalam kategori sangat aktif. Tes hasil belajar mendapat nilai klasikal ketuntasan 95%. Berdasarkan penilaian ini, media pembelajaran matematika interaktif berbentuk aplikasi android berbasis RME melalui pendekatan blended learning dapat dikatakan valid, praktis dan efektif serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Android; Realistic Mathematics Education; Blended Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 28 Apr 2024 03:08 |
Last Modified: | 28 Apr 2024 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55737 |