SOSIALISASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMKS DELIMA SARI TIGA JUHAR

Saragih, Amrin and Saragih, Anggraini Thesisia and Dewi, Nora Ronita and Saragih, Bahagia and Rizky, Debby (2023) SOSIALISASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMKS DELIMA SARI TIGA JUHAR. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 13 September 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (625kB)

Abstract

Sejatinya guru dengan kelebihan dan kekurangannya merupakan panutan bagi
kegiatan pembelajaran. Guru adalah seseorang yang menentukan pelaksanaan
standar proses di satuan pendidikan. Dalam melatih keterampilan profesionalnya,
guru harus mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (LIP) yang
berpusat pada siswa berdasarkan kesiapan, kemampuan, minat, dan profil
akademik, serta keterampilan profesionalnya. seperti implementasi RPP berbasis
diferensiasi. Dalam hal ini, RPP diferensiasi dapat diartikan sebagai RPP yang
dibuat berdasarkan kebutuhan siswa atau dari sisi siswa. Oleh karena itu, guru
harus mengetahui strategi pembelajaran yang berbeda sebelum membuat rencana
pelajaran yang berbeda. Pendampingan serta pembimbingan pelatihan dalam
pengembangan RPP Berdiferensiasi terhadap diberikan kepada guru bahasa Inggris
di SMK Yayasan Delima Sari Tiga Juhar Kabupaten Deli Serdang. Pendampingan
pembuatan RPP berbasis diferensiasi telah dilakukan dengan pemberian materi dan
arahan oleh narasumber yang ahli dibidangnya. Tahap yang telah dilalui dalam
pendampingan ini adalah: (1) Focus Group Discussion Pengenalan terhadap
pembelajaran diferensiasi, (2) Focus Group Discussion dan pendampingan
pembelajaran diferensiasi, (3) Workshop pembuatan modul bahan ajar diferensiasi
berbasis kurikulum merdeka, (4) Presentasi modul ajar oleh peserta. Kegiatan ini
mendukung pengembangan modul pengajaran yang berdiferensiasi yang berdampak
positif terhadap kompetensi guru mata pelajaran Bahasa Inggris SMK Yayasan
Delima Sari Tiga Juhar Kabupaten Deli Serdang. Hasil dari kegiatan pendampingan
ini menunjukkan bahwa dukungan belajar kelompok diperlukan untuk menciptakan
kesadaran kolektif dan motivasi ekstrinsik bagi guru bahasa Inggris untuk
meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang konten dalam kurikulum serta
mengajar dengan keterampilan fleksibel dan adaptif

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, Diferensiasi, Kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Apr 2024 06:40
Last Modified: 27 Apr 2024 06:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55715

Actions (login required)

View Item
View Item