Purba, Yandika (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Discovery Inquiry Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192431006_Cover.pdf
Download (67kB)
5192431006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (526kB)
5192431006_Kata_Pengantar.pdf
Download (379kB)
5192431006_Abstrak.pdf
Download (173kB)
5192431006_Daftar_Isi.pdf
Download (137kB)
5192431006_Daftar_Tabel.pdf
Download (107kB)
5192431006_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
5192431006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
5192431006_BAB_I.pdf
Download (528kB)
5192431006_BAB_V.pdf
Download (169kB)
5192431006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (139kB)
Abstract
Salah satu komponen penting yang menentukan untuk terjadinya proses belajar adalah guru dan model pembelajaran yang memberi kemudahan bagi peserta didik untuk mempelajari materi pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan discovery inquiry. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan yang beralamat di Jl. Timur No. 36, Gaharu Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X TITL dan sampel penelitian ini kelas X TITL-1 dan X TITL-2 dengan metode pengambilan sampel yakni random sampling. Dimana kelas X TITL-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL-2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan metode kuantitatif. Dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Bentuk desain penelitian ini pre test – pos test only desain control
yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda yang terlebih dahulu sudah di uji validitas dan reliabilitas. Dari analisis perhitungan data, diperoleh hasil belajar kelas ekeperimen yaitu nilai rata – rata pre – test = 61,67 dengan standar deviasi 10,85. Sedangkan nilai rata – rata pos – test = 82 dengan standar deviasi 8,36 dan dalam hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,583 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 30 + 30 – 3 = 58 yang bernilai ttabel = 2,002. Dengan membandingkan rhitung dan rtabel maka diperoleh (4,583 ≥ 2,002), sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya adalah “ada pengaruh setelah diterapkannya
Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Discovery Inquiry terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Discovery Inquiry; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:18 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55618 |