PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRAUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Sembiring, Areigi Doanta (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRAUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193311026_Cover.pdf] Text
4193311026_Cover.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4193311026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 4193311026_Abstrak.pdf] Text
4193311026_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193311026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311026_Kata_Pengantar.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4193311026_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311026_Daftar_Isi.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4193311026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311026_Daftar_Tabel.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4193311026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4193311026_BAB_I.pdf] Text
4193311026_BAB_I.pdf

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman
konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning berbantuan Geogebra di kelas VIII SMP 31 Medan. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yang
terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas 3 pertemuan. Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Medan yang terdiri atas 32
siswa. Objek pada peneitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem
based learning berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematika kelas VIII SMP Negeri 31 Medan Tahun Ajaran
2022/2023. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terjadi
peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini diihat berdasarkan
nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 81,25% dan pada penilaian ketuntasan
secara klasikal 87,50% pada siklus II, sehingga berdasarkan hasil analisis data
tersebut diperoleh bahwa penelitian yang dilakukan sudah mencapai indikator
keberhasilan yang ditentukan. (2) indikator terkuat atau tertinggi pada siklus I
adalah indikator II yaitu memberikan contoh dan non contoh sebesar 73,43%
(sedang), indikator terlemah adalah indikator III yaitu menyajikan konsep dalam
bentuk representasi matematis sebesar 65,63%. Indikator terkuat atau tertinggi
pada siklus II adalah indikator III yaitu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk
representasi matematis sebesar 89,84% (tinggi), sedangkan indikator terlemah
adalah indikator II yaitu memberikan contoh dan non-contoh sebesar 75,78%. (3)
Peningkatan N-Gain terjadi pada siklus II sebesar 0,36% .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Matematika; Model pemeblajaran; Goegebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:42
Last Modified: 25 Apr 2024 07:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55602

Actions (login required)

View Item
View Item