Sembiring, Areigi Doanta (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193311026_Cover.pdf
Download (254kB)
4193311026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (549kB)
4193311026_Abstrak.pdf
Download (62kB)
4193311026_Kata_Pengantar.pdf
Download (375kB)
4193311026_Daftar_Isi.pdf
Download (279kB)
4193311026_Daftar_Tabel.pdf
Download (277kB)
4193311026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (365kB)
4193311026_BAB_I.pdf
Download (912kB)
4193311026_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4193311026_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (950kB)
4193311026_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
4193311026_BAB_V.pdf
Download (276kB)
4193311026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (432kB)
4193311026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra di kelas VIII SMP 31 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas 3 pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Medan yang terdiri atas 32 siswa. Objek pada peneitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika kelas VIII SMP Negeri 31 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini diihat berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 81,25% dan pada penilaian ketuntasan secara klasikal 87,50% pada siklus II, sehingga berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh bahwa penelitian yang dilakukan sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. (2) indikator terkuat atau tertinggi pada siklus I adalah indikator II yaitu memberikan contoh dan non contoh sebesar 73,43% (sedang), indikator terlemah adalah indikator III yaitu menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis sebesar 65,63%. Indikator terkuat atau tertinggi pada siklus II adalah indikator III yaitu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis sebesar 89,84% (tinggi), sedangkan indikator terlemah adalah indikator II yaitu memberikan contoh dan non-contoh sebesar 75,78%. (3) Peningkatan N-Gain terjadi pada siklus II sebesar 0,36% .
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Matematika; Model pemeblajaran; Goegebra |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:42 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 03:19 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55602 |
