SITINJAK, MONANG JHON ERIXON (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VISUAL 3D SKETCHUP PADA MATERI PEKERJAAN KONSTRUKSI KAYU DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161111032 COVER.pdf
Download (44kB)
2. NIM 5161111032 APPROVAL SHEET.pdf
Download (129kB)
3. NIM 5161111032 ABSTRACT.pdf
Download (142kB)
4. NIM 5161111032 PREFACE.pdf
Download (153kB)
5. NIM 5161111032 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (213kB)
6. NIM 5161111032 TABLES.pdf
Download (197kB)
7. NIM 5161111032 APPENDICS.pdf
Download (32kB)
8. NIM 5161111032 CHAPTER I.pdf
Download (429kB)
12. NIM 5161111032 CHAPTER V.pdf
Download (115kB)
13. NIM 5161111032 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (61kB)
Abstract
Sulitnya siswa memahami pelajaran materi konstruksi kayu terkhusus pada bagian
kuda kuda dan hubungan atap dikarenakan siswa sulit memvisualisasikan bentuk
daripada kuda kuda itu sendiri karena merupakan konstruksi yang tertutup, maka
dari itu penelitian ini berfokus pada pengembangan video pembelajaran
menggunakan visual 3D sketchup agar siswa lebih mudah memahami bentuk dari
konstruksi kuda kuda dan hubungan atap tersebut. Adapun tujuan penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan juga kepraktisan video pembelajaran
menggunakan visual 3D sketchup pada materi pekerjaan konstruksi kayu di kelas
x program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 2
Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model
pengembangan four-D (4D) oleh Thiagarajan yaitu define, design, develop, dan
disseminate. Pada tahap define meliputi tahapan observasi dan analisis kebutuhan
peserta didik serta pengumpulan data mengenai kegiatan pembelajran yang
mencakup jenis kurikulum, silabus juga RPP yang digunakan. Tahap design
meliputi 1) pemilihan media, 2) perencanaan isi materi, 3) perencanaan
storyboard. Tahap develop meliputi tahapan a) uji validasi ahli, b) revisi, c) uji
kepraktisan. Tahap disseminate dilakukan dengan mengunggah video ke kanal
youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi dinyatakan
“layak” dengan skor 4,05 oleh ahli materi 1 dan skor 4,3 oleh ahli materi 2 dengan
kategori “sangat layak”, untuk validasi oleh ahli media mendapatkan skor 4,0
dengan kategori “layak”, sementara untuk uji praktikalitas mendapatkan hasil
“sangat praktis” dengan persentasi 83%. Adapun saran kepada pihak sekolah dan
guru adalah untuk dapat mendukung dan menerapkan penggunaan media
pembelajaran agar membuat peserta didik lebih mudah dalam mengikuti
pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pempelajaran; Visual 3d SketchUp; Konstruksi kayu |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:23 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55592 |