Saragi, Samuel (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Instalasi, Motor Listrik di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193331004_Cover.pdf
Download (119kB)
5193331004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (233kB)
5193331004_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
5193331004_Abstrak.pdf
Download (272kB)
5193331004_Daftar_Isi.pdf
Download (232kB)
5193331004_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
5193331004_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
5193331004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
5193331004_BAB_I.pdf
Download (557kB)
5193331004_BAB_V.pdf
Download (262kB)
5193331004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (287kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui cara mengembangkan Modul Pembelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI di SMK Negeri 5 Medan. (2) Mengetahui respon pengguna Modul Pembelajaran Instalasi Motor Listrik
Kelas XI di SMK Negeri 5 Medan. (3) Mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas Modul Pembelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI di SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini akan diuji coba dengan melibatkan siswa kelas XI Teknik
Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 5 Medan semester ganjil tahun ajaran 2023/2024.Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan modelpenelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kebutuhan produk, kedua design yaitu
menyusun modul,layout dan materi modul,ketiga development yaitu mengembangkan produk yang sudah di desain untuk dilakukan validasi agar mendapat kan masukan oleh ahli media dan ahli materi, keempat implementation yaitu menerapkan produk untuk mendapatkan respon dari pengguna (siswa)
terhadap modul yang telah dikembangkan,kelima evaluation yaitu mengevaluasi modul berdasar kan beberapa masuk kan dari para ahli serta respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket vali dasi dan angket respon pengguna.Hasil Penelitian ini diketahui: (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI TITL di SMK Negeri 5 Medan. (2) Hasil respon pengguna produk (siswa)
dengan kategori “Sangat Baik” memperoleh rata – rata presentase skor 93,5%. Maka modul pembelajaran Instalasi Motor listrik yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan (3) Kelayakan modul ini didapatkan dari hasil validasi ahli modul dengan kategori“Sangat Layak” yang memiliki presentase skor 90%, dan hasil validasiberikutnya didapatkan dari ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh presentase skor 88,75%. Efektivitas modul yang di kembangkan dengan kategori “Sangat Efektif” memiliki presentase skor 86%. Rekomendasi pada penelitian ini adalah pengembangan modul dilakukan lagi pada mata pelajaran lainnya sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul Pembelajaran; Instalasi Motor Listrik |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55571 |