Tampubolon, Juntan Dionisus (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Job Sheet Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5173111020 COVER.pdf
Download (115kB)
2. NIM 5173111020 APPROVAL SHEET.pdf
Download (661kB)
3. NIM 5173111020 ABSTRACT.pdf
Download (172kB)
4. NIM 5173111020 PREFACE.pdf
Download (587kB)
5. NIM 5173111020 CONTENTS.pdf
Download (145kB)
6. NIM 5173111020 PICTURES.pdf
Download (88kB)
7. NIM 5173111020 TABLES.pdf
Download (88kB)
8. NIM 5173111020 APPENDICES.pdf
Download (115kB)
9. NIM 5173111020 CHAPTER I.pdf
Download (510kB)
13. NIM 5173111020 CHAPTER V.pdf
Download (171kB)
14. NIM 5173111020 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (209kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan job sheet Gambar
Teknik bangunan untuk peserta didik kelas X Program Keahlian Desain
Permodelan Informasi Bangunan di SMK Negeri 14 Medan dan (2) Mengetahui
kelayakan media pembelajaran job sheet Gambar Teknik Bangunan yang di
kembangkan di SMK Negeri 14 Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development)
yang mengacu pada model pengembangan Four-D (define, design, develop,
desiminate). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 14 Medan dan waktu penelitian
dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan analisis awal pada siswa dengan cara menyebarkan angket lewat Google
Form dan juga analisis kebutuhan terhadap guru gambar teknik bangunan melalui
kuisioner angket, instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa
angket tertutup dengan skala linkert 5 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh
dosen pembimbing kemudian diberikan kepada ahlimateri dan media untuk
memvalidasi job sheet dan dilakukan uji kelayakan berupa respon peserta didik.
Analisis data pengembangan dilakukan secara deskriptif. Sedangkan analisis data
kelayakan dilakukan dengan konversi data kuantitatif kedalam data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran job sheet
Gambar Teknik Bangunan yang dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu:
(a) mendefinisikan kebutuhan dengan analisis awal, analisis peserta didik dan
kurikulum, analisis materi, perumusan tujuan; (b) melakukan perancangan dengan
menyusun parameter garis besar isi job sheet, pemilihan format, perancangan awal
job sheet; (c) melakukan pengembangan dengan validasi produk oleh ahli media
dan ahli materi yang dilanjutkan revisi, pengenalan produk serta uji kelayakan
pada peserta didik sehingga dihasilkan produk akhir job sheet Gambar Teknik
Bangunan; (d) melakukan penyebaran produk secara terbatas pada guru mata
pelajaran Gambar Teknik Bangunan di SMK Negeri 14 Medan. (2) Kelayakan
media pembelajaran job sheet Gambar Teknik Bangunan kelas X Program
Keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) ditentukan dari hasil
validasi ahli media dengan rerata skor 4,55 dan ahli materi 4,32 yang termasuk
dalam kategori sangat layak dan hasil respon peserta didik 4,55 dalam kategori
sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media
iii
pembelajaran job sheet gambar teknik bangunan kelas X ini dinyatakan sangat
layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Job Sheet; Research and Development (R&D); Gambar Teknik; 4D |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:03 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55554 |