PEKERTI, AYU (2023) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Project Based Learning Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Panyabungan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5182111002 COVER.pdf
Download (59kB)
2. NIM 5182111002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM 5182111002 ABSTRACT.pdf
Download (189kB)
4. NIM 5182111002 PREACE.pdf
Download (126kB)
5. NIM 5182111002 CONTENTS.pdf
Download (139kB)
6. NIM 5182111002 TABLES.pdf
Download (59kB)
7. NIM 5182111002 PICTURES.pdf
Download (32kB)
8. NIM 5182111002 APPENDICES.pdf
Download (32kB)
9. NIM 5182111002 CHAPTER I.pdf
Download (375kB)
13. NIM 5182111002 CHAPTER V.pdf
Download (115kB)
14. NIM 5182111002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (85kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) mata pelajaran aplikasi
perangkat lunak dan perancangan interior gedung bagi siswa kelas XI program
keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 2 Panyabungan
yang berjumlah 25 siswa penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari dua pertemuan, dimana pada setiap siklus memiliki empat
tahapan yang terdiri dari tahap perencanaan (planing), tindakan (action),
pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Data penelitian ini diambil
dari hasil observasi, hasil tes pengetahuan dan tes keterampilan siswa. Penelitian
ini dikatakan berhasil apabila aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai nilai
minimun 70 dengan ketuntasan klasikal ≥85% dari keseluruhan siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai
dengan skor rata-rata kumulatif kelas 70,28% dengan kategori cukup aktif dan
pada siklus II di peroleh rata-rata kumulatif kelas 83,71% dengan kategori aktif.
Untuk hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata kumulatif kelas 81,73%
dengan kategori kompeten dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata
kelas 86,13% dengan kategori kompeten. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based
Learning) mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior
gedung bagi siswa kelas XI program keahlian desain pemodelan dan informasi
bangunan SMK Negeri 2 Panyabungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning); Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:28 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55538 |