Pengaruh Media Pembelajaran Smart App Creator 3 Terhadap Hasil Belajar Cookies di SMK Sandhy Putra 2 Medan

Sihombing, Nurlina Agatha (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Smart App Creator 3 Terhadap Hasil Belajar Cookies di SMK Sandhy Putra 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193142017_Cover.pdf] Text
5193142017_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 5193142017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193142017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of 5193142017_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193142017_Kata_Pengantar.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 5193142017_Abstrak.pdf] Text
5193142017_Abstrak.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 5193142017_Daftar_Isi.pdf] Text
5193142017_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 5193142017_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193142017_Daftar_Tabel.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 5193142017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193142017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 5193142017_BAB_I.pdf] Text
5193142017_BAB_I.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 5193142017_BAB_V.pdf] Text
5193142017_BAB_V.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 5193142017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193142017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa materi coookies yang menggunakan media pembelajaran Smart App Creator 3. 2) Hasil belajar siswa materi coookies yang menggunakan media pembelajaran Power Point. 3) Pengaruh media pembelajaran Smart App Creator 3 terhadap hasil belajar siswa materi cookies. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Lokasi penelitian di SMK Sandhy Putra 2 Medan T.A 2022/2023. Waktu penelitian bulan Maret - Mei 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Boga dengan jumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu secara random kelas. Sampel pada penelitian ini adalah X TB 2 sejumlah 24 siswa sebagai
kelas eksperimen dan X TB 1 sejumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan hasil praktik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa materi coookies yang menggunakan media pembelajaran Smart App Creator 3 termasuk dalam kategori cenderung sangat kompeten sebesar 75,00 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa materi coookies yang menggunakan media pembelajaran Power Point termasuk dalam kategori cenderung kompeten sebesar 58,33 persen. Berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan pada penggunaan media pembelajaran Smart App Creator 3 terhadap hasil belajar siswa materi coookies di SMK Sandhy Putra 2 Medan dengan nilai thitung > ttabel (7,87 > 1,68), pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media
pembelajaran Smart App Creator 3 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi coookies.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; Smart app creator 3; Power point
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:06
Last Modified: 25 Apr 2024 01:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55498

Actions (login required)

View Item
View Item