Panjaitan, Herianto (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Program Keahlian Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda Motor Di Smk Pab 12 Saentis Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5183122012 COVER.pdf
Download (65kB)
2. NIM. 5183122012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (296kB)
3. NIM. 5183122012 ABSTRACT.pdf
Download (71kB)
4. NIM. 5183122012 PREFACE.pdf
Download (98kB)
5. NIM. 5183122012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (69kB)
6. NIM. 5183122012 ILLUSTRATION.pdf
Download (42kB)
7. NIM. 5183122012 TABLES.pdf
Download (42kB)
8. NIM. 5183122012 APPENDICES.pdf
Download (42kB)
9. NIM. 5183122012 CHAPTER I.pdf
Download (329kB)
13. NIM. 5183122012 CHAPTER V.pdf
Download (69kB)
14. NIM. 5183122012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (134kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar
siswa pada bidang pelajaran program keahlian Kelas XI Teknik Bisnis Sepeda
Motor di SMK SWASTA PAB 12 T.A. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah
penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) penelitian yang dilakukan
dengan memperbaiki pembelajaran di kelas dan meningkatkan hasil belajar siswa.
pengumpulan data dilakukan menggunakan pretes dan postes. Perlakuan dalam
penelitian ini yaitu berupa model pembelajaran Problem Based Learning pada
kompetensi perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan sepeda motor.
Berdasarkan data dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan pada
penelitian ini, dan juga berdasarkan seluruh pembahasan, adapun kesimpulan
yang diperoleh adalah : Hasil belajar siswa pada program kompetensi Teknik
Bisnis Sepeda Motor dengan materi pemeliharaan dan perbaikan sistem
kelistrikan sepeda motor mengalami peningkatan dengan menerapkan model
problem based learning pada siklus I dan II. Hasil pembelajaran berbasis masalah
siklus I menghasilkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 72,56 dan
ketercapaian kelas 90%. Ketika model pembelajaran berbasis masalah digunakan
pada siklus II nilai rata-rata mencapai 77,5, dengan capaian kelas 96,67%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 09:43 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55495 |