Sitorus, Naomi Eventy Fier (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan Kelas X TITL di SMK Negeri 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193131001_Cover.pdf
Download (55kB)
5193131001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (246kB)
5193131001_Kata_Pengantar.pdf
Download (136kB)
5193131001_Abstrak.pdf
Download (245kB)
5193131001_Daftar_Isi.pdf
Download (102kB)
5193131001_Daftar_Tabel.pdf
Download (75kB)
5193131001_Daftar_Gambar.pdf
Download (70kB)
5193131001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (74kB)
5193131001_BAB_I.pdf
Download (319kB)
5193131001_BAB_V.pdf
Download (238kB)
5193131001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (220kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan elemen alat tangan dan alat kelistrikan dari siswa kelas X TITL di SMK Negeri 13 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL semester ganjil SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen (Problem Based Learning) dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol (Discovery Learning), yang masing-masing kelas berjumlah 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Berdasarkan hasil pengujian pre test bahwa
nilai rata-rata pre test di kelas eksperimen (Problem Based Learning) dengan skor 32,93 sedangkan di kelompok kontrol dengan skor 33,03. Pada nilai rata-rata hasil belajar post test pada kelas eksperimen (Problem Based Learning) mendapatkan hasil sebesar 79,09 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 71,81. Berdasarkan hasil uji analisis persyaratan bahwa data sampel pada kedua kelompok
yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki distribusi data normal dan memiliki varians yang serupa atau sama sehingga dapat menggunakan rumus t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Adapun data didapat pada uji t-test yaitu nilai thitung =3,116 dan nilai ttabel =1,669. Kemudian kedua nilai tersebut dibandingkan dan diperoleh nilai thitung > ttabel atau 3,116 >1,669. Berdasarkan analisis uji t tersebut maka hipotesis penelitian diterima yaitu hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan di kelas X TITL SMK negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning; Discovery Learning; Hasil belajar; Dasar-dasar Teknik Ketenagalistrikan,;Alat tangan dan alat kelistrikan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 07:30 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55482 |