Lubis, Nadya Ashwarina Putri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Dengan Penerapan Model Quantum Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193151007_Cover.pdf
Download (289kB)
5193151007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (630kB)
5193151007_Kata_Pengantar.pdf
Download (378kB)
5193151007_Abstrak.pdf
Download (345kB)
5193151007_Daftar_Isi.pdf
Download (245kB)
5193151007_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
5193151007_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
5193151007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
5193151007_BAB_I.pdf
Download (630kB)
5193151007_BAB_V.pdf
Download (260kB)
5193151007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (271kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi karena terdapat masalah pada proses pembelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, SMK Negeri 2 Tebing Tinggi belum
mengembangkan inovasi media pembelajaran, miskinnya bahan ajar dikarenakan pengadaan bahan ajar di sekolah belum sempurna sehingga siswa hanya menunggu informasi pembelajaran yang bersumber dari guru, proses belajar
dikelas juga kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Oleh karena itu, dikembangkan media pembelajaran berbasis website dengan penerapan model quantum learning yang bertujuan untuk mempermudah siswa agar mengerti materi yang diajarkan, menjadi sumber belajar bagi siswa serta menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan. Pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan model quantum
learning mengikuti tahapan yang ada pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan menggunakan model pengembangan RAD (Rapid Application Development). Pada penelitian ini, dilakukan uji kelayakan oleh 2 validator ahli materi, 2 ahli media dan akseptansi
siswa. Hasil dari uji kelayakan oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan akseptansi siswa berada pada rentang mean skor 4,17-5,00 yaitu “sangat layak”. Maka, media yang dikembangkan sangat layak digunakan. Selain uji kelayakan, uji efektivitas dilakukan untuk menguji keefektifan dari
media yang dikembangkan. Uji efektivitas menggunakan uji N-gain pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas kontrol memiliki rata-rata 0,08 atau 8% dan pada kelas eksperimen senilai 0,39 atau 39%. Perbedaan antara keduanya
menghasilkan bahwa kelas eksperimen lebih memiliki dampak positif yang besar dibanding kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Website; Quantum Learning |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 07:20 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55480 |