Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Dengan Penerapan Model Quantum Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi

Lubis, Nadya Ashwarina Putri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Dengan Penerapan Model Quantum Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193151007_Cover.pdf] Text
5193151007_Cover.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 5193151007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193151007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 5193151007_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193151007_Kata_Pengantar.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 5193151007_Abstrak.pdf] Text
5193151007_Abstrak.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 5193151007_Daftar_Isi.pdf] Text
5193151007_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 5193151007_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193151007_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 5193151007_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193151007_Daftar_Gambar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 5193151007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193151007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5193151007_BAB_I.pdf] Text
5193151007_BAB_I.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 5193151007_BAB_V.pdf] Text
5193151007_BAB_V.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 5193151007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193151007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi karena terdapat masalah pada proses pembelajaran Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, SMK Negeri 2 Tebing Tinggi belum
mengembangkan inovasi media pembelajaran, miskinnya bahan ajar dikarenakan pengadaan bahan ajar di sekolah belum sempurna sehingga siswa hanya menunggu informasi pembelajaran yang bersumber dari guru, proses belajar
dikelas juga kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Oleh karena itu, dikembangkan media pembelajaran berbasis website dengan penerapan model quantum learning yang bertujuan untuk mempermudah siswa agar mengerti materi yang diajarkan, menjadi sumber belajar bagi siswa serta menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan. Pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan model quantum
learning mengikuti tahapan yang ada pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan menggunakan model pengembangan RAD (Rapid Application Development). Pada penelitian ini, dilakukan uji kelayakan oleh 2 validator ahli materi, 2 ahli media dan akseptansi
siswa. Hasil dari uji kelayakan oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan akseptansi siswa berada pada rentang mean skor 4,17-5,00 yaitu “sangat layak”. Maka, media yang dikembangkan sangat layak digunakan. Selain uji kelayakan, uji efektivitas dilakukan untuk menguji keefektifan dari
media yang dikembangkan. Uji efektivitas menggunakan uji N-gain pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas kontrol memiliki rata-rata 0,08 atau 8% dan pada kelas eksperimen senilai 0,39 atau 39%. Perbedaan antara keduanya
menghasilkan bahwa kelas eksperimen lebih memiliki dampak positif yang besar dibanding kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Website; Quantum Learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:20
Last Modified: 24 Apr 2024 07:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55480

Actions (login required)

View Item
View Item