Syafrullah, Muhammad (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Tkj Di Smk Muhammadiyah 04 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173151026_Cover.pdf
Download (282kB)
5173151026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (608kB)
5173151026_Kata_Pengantar.pdf
Download (370kB)
5173151026_Abstrak.pdf
Download (576kB)
5173151026_Daftar_Isi.pdf
Download (262kB)
5173151026_Daftar_Tabel.pdf
Download (229kB)
5173151026_Daftar_Gambar.pdf
Download (229kB)
5173151026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (229kB)
5173151026_BAB_I.pdf
Download (590kB)
5173151026_BAB_V.pdf
Download (422kB)
5173151026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (256kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire, (3) Mengetahui efektifitas pengembangan media pembelajaran interaktif
menggunakan lectora inspire. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Waterfall. Dengan menggunakan instrumen penelitian multimedia berupa angket dan soal pretest dan posttest. Validasi dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi, dengan pengujian akseptansi multimedia dilakukan oleh 5 orang siswa. Pada uji efektifitas dilakukan
terhadap 20 orang siswa kelas X TKJ. Berdasarkan hasil yang didapatkan validasi materi pada keseluruhan aspek pada penilai 1 dan penilai 2 mendapatkan perolehan skor 4,64 dengan Intepretasi “Sangat Layak”, kemudian validasi media keseluruhan aspek pada penilai 1 dan penilai 2 mendapatkan perolehan skor 4,44 dengan Intepretasi “Sangat Layak”,
selanjutnya untuk Akseptabilitas Pengguna Produk secara keseluruhan aspek pada penilai 1, 2, 3, 4 dan 5 mendapatkan perolehan skor 4,36 dengan akseptansi “Sangat Tinggi”. Uji efektivitas bahwa rata-rata skor N-Gain yang diperoleh siswa
adalah 0,65 yang dikategotikan sedang, skor tertinggi siswa yaitu 1,00 yang berarti dapat dikategorikan tinggi, dan diperoleh skor terendah siswa yaitu 0,40 yang berarti dapat dikategorikan sedang dan secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran Lectora Isnpire; Dasar Desain Grafis |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 07:07 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55477 |