Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Tkj Di Smk Muhammadiyah 04 Medan

Syafrullah, Muhammad (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Kelas X Tkj Di Smk Muhammadiyah 04 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5173151026_Cover.pdf] Text
5173151026_Cover.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 5173151026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5173151026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 5173151026_Kata_Pengantar.pdf] Text
5173151026_Kata_Pengantar.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 5173151026_Abstrak.pdf] Text
5173151026_Abstrak.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 5173151026_Daftar_Isi.pdf] Text
5173151026_Daftar_Isi.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 5173151026_Daftar_Tabel.pdf] Text
5173151026_Daftar_Tabel.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 5173151026_Daftar_Gambar.pdf] Text
5173151026_Daftar_Gambar.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 5173151026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5173151026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 5173151026_BAB_I.pdf] Text
5173151026_BAB_I.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of 5173151026_BAB_V.pdf] Text
5173151026_BAB_V.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 5173151026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5173151026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire, (3) Mengetahui efektifitas pengembangan media pembelajaran interaktif
menggunakan lectora inspire. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Waterfall. Dengan menggunakan instrumen penelitian multimedia berupa angket dan soal pretest dan posttest. Validasi dilakukan oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi, dengan pengujian akseptansi multimedia dilakukan oleh 5 orang siswa. Pada uji efektifitas dilakukan
terhadap 20 orang siswa kelas X TKJ. Berdasarkan hasil yang didapatkan validasi materi pada keseluruhan aspek pada penilai 1 dan penilai 2 mendapatkan perolehan skor 4,64 dengan Intepretasi “Sangat Layak”, kemudian validasi media keseluruhan aspek pada penilai 1 dan penilai 2 mendapatkan perolehan skor 4,44 dengan Intepretasi “Sangat Layak”,
selanjutnya untuk Akseptabilitas Pengguna Produk secara keseluruhan aspek pada penilai 1, 2, 3, 4 dan 5 mendapatkan perolehan skor 4,36 dengan akseptansi “Sangat Tinggi”. Uji efektivitas bahwa rata-rata skor N-Gain yang diperoleh siswa
adalah 0,65 yang dikategotikan sedang, skor tertinggi siswa yaitu 1,00 yang berarti dapat dikategorikan tinggi, dan diperoleh skor terendah siswa yaitu 0,40 yang berarti dapat dikategorikan sedang dan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran Lectora Isnpire; Dasar Desain Grafis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:07
Last Modified: 24 Apr 2024 07:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55477

Actions (login required)

View Item
View Item