Andriani, Alfi (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTU SIMULASI PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) PADAMATERI ENERGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192331001_Cover.pdf
Download (22kB)
4192331001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (566kB)
4192331001_Abstrak.pdf
Download (189kB)
4192331001_Kata_Pengantar.pdf
Download (440kB)
4192331001_Daftar_Isi.pdf
Download (658kB)
4192331001_Daftar_Tabel.pdf
Download (51kB)
4192331001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (140kB)
4192331001_BAB_I.pdf
Download (103kB)
4192331001_BAB_V.pdf
Download (8kB)
4192331001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (94kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis
discovery learning berbantu simulasi PhET pada materi energi yang layak
digunakan, menganalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan guna
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini
adalah 9 orang peserta didik kelas VIII-2 untuk skala kecil dan 27 orang peserta
didik kelas VIII-2 untuk skala besar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini berupa angket validasi ahli materi dan ahli media, angket
kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik, dan untuk mengetahui keefektifan e�modul dengan memberikan soal pretest dan postest kepada peserta didik. Pada
tahap validasi, hasil penilaian ahli materi mendapat presentase rata-rata yaitu 94%
dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli media mendapat presentase
rata-rata yaitu 82% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon pendidik
untuk uji kepraktisan mendapatkan persentase rata-rata sebesar 84% dengan
kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan oleh peserta didik dari angket yang
diberikan baik uji skala kecil maupun skala besar mendapatkan presentase rata�rata 94% dan 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan terhadap
hasil belajar memperoleh n-gain sebesar 0,58 dengan kategori cukup efektif pada
kelas eksperimen dan 0,46 dengan kategori kurang efektif pada kelas kontrol.
Hasil nilai thitung (1,98) > ttabel (1,67), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini
menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif
digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan ajar; Simulasi tehnologi; Angket |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 05:49 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55459 |