Susiana (2016) POLA PENGELOLAAN PEMBIAYAAN MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (STUDI KASUS DI MIS AL– JIHAD SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG). Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8136132053 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
02. NIM 8136132053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
03. NIM 8136132053 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
04. NIM 8136132053 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
05. NIM 8136132053 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
06. NIM 8136132053 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
07. NIM 8136132053 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
08. NIM 8136132053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
09. NIM 8136132053 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
13. NIM 8136132053 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
14. NIM 8136132053 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengelolaan pembiayaan pendidikan di MIS Al Jihad Sunggal yang tidak bersumber dari pemerintah yang meliputi perencanaan pembiayaan, penggunaan dana, pengawasan dan pertanggungjawaban pembiayaan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus melalui pendekatan kualitatif dengan menganalisis data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara, keabsahan data menggunkan teknik triangulasi sumber dan metode, dan teknik analisis data menggunakan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan antara lain: (1) Pelaksanaan pengelolaan pembiayaan pendidikan meliputi proses perencanaan, penggunaan dana, pengawasan dan pertanggungjawaban. (2) Madrasah swasta tidak bisa hanya bergantung pada sumber dana dari pemerintah dalam memenuhi pembiayaan pendidikan. (3) Secara keseluruhan pelaksanaan pengelolaan pembiayaan pendidikan sudah terlaksana dengan baik. Kelemahan dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan antara lain: (a) Stuktur manajemen dalam pengelolaan pembiayaan masih berada dalam lingkungan keluarga dan guru, sehingga pengawasan dan pertanggungjawaban dalam pengelolaan pembiayaan sangat lemah; (b) Iuran komite ditentukan hanya berdasarkan kesepakatan dan belum disesuaikan dengan kebutuhan siswa, serta (c) Masih lemah dalam sistem pembukuan dan pencatatan karena masih menggunakan sistem pembukuan yang sangat sederhana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.206 Sus p |
Keywords: | Konsep biaya; Pembiayaan pendidikan; Model pembiayaan; Manajemen keuangan sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Jun 2016 04:12 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5543 |