Manullang, Samuel Mardian (2023) Pengaruh Persepsi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X Di SMK SWASTA PAB 1 HELVETIA MEDAN Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5183321015 COVER.pdf
Download (111kB)
2. NIM. 5183321015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (341kB)
3. NIM. 5183321015 REFACE.pdf
Download (162kB)
4. NIM. 5183321015 ABSTRACT.pdf
Download (63kB)
5. NIM. 5183321015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (63kB)
6. NIM. 5183321015 TABLES.pdf
Download (34kB)
7. NIM. 5183321015 ILLUSTRATION.pdf
Download (32kB)
8. NIM. 5183321015 APPENDICES.pdf
Download (210kB)
9. NIM. 5183321015 CHAPTER I.pdf
Download (568kB)
13. NIM. 5183321015 CHAPTER V.pdf
Download (35kB)
14. NIM. 5183321015 BIBLIOGRAHY.pdf
Download (310kB)
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMK
Swasta PAB 1 Helvetia Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
Persepsi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Problem Based Learning Dengan
Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Sehingga
jumlah sampel sebanyak 66 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dalam bentuk skala likert.
Hasil analisis data menunjukan bahwa persamaan regresi linear sederhana
pada penenlitian ini yaitu Y = 20,280+0,776X1 +e, berarti ada pengaruh positif
dan signifikan variabel Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap
Hasil Belajar siswa kelas X SMK Swasta PAB 1 Helvetia Medan. Pengujian
secara parsial (Uji t) untuk uji hipotesis antara Terhadap Pelaksanaan
Pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa kelas X SMK
Swasta PAB 1 Helvetia Medan menunjukan nilai thitung 9,945> ttabel sebesar 1,669
dengan sig 0,000 yang mana nilai signifikansinya < 0,05. Dengan demikian dapat
disimpulkan dengan persepsi terhadap Pembelajaran Problem Based Learning
berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa kelas X SMK
Swasta PAB 1 Helvetia Medan. Hasil dari koefisien determinasi (R2
) yang
diperoleh sebesar 0,607 atau 60,7%, dimana hal ini menunjukan besarnya
sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel Persepsi Terhadap Pelaksanaan
Pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa kelas X SMK
Swasta PAB 1 Helvetia Medan sebesar 60,7 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55420 |