INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK PADA MATERI EKSTRAKSI

Simamora, Muhammad Amri Aulia (2023) INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK PADA MATERI EKSTRAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4183331030 COVER.pdf] Text
1. NIM. 4183331030 COVER.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 2. NIM. 4183331030 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 4183331030 APPROVAL SHEET.pdf

Download (954kB)
[thumbnail of 3. NIM. 4183331030 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 4183331030 ABSTRACT.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4. NIM. 4183331030 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 4183331030 PREFACE.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 5. NIM. 4183331030 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 4183331030 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 6. NIM. 4183331030 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 4183331030 TABLES.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7. NIM. 4183331030 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 4183331030 ILLUSTRATION.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8. NIM. 4183331030 APPENDICES'.pdf] Text
8. NIM. 4183331030 APPENDICES'.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 9. NIM. 4183331030 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 4183331030 CHAPTER I.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 13. NIM. 4183331030 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 4183331030 CHAPTER V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 14. NIM. 4183331030 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 4183331030 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (229kB)

Abstract

Pembelajaran inovatif sangat tepat untuk digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar kimia untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan, serta memfasilitasi untuk belajar secara optimal membuat proses belajar mengajar menjadi sesuatu yang lebih efektif dan efisien. Salah satu materi kimia pemisahan yang dipelajari pada tingkat universitas adalah Ekstraski. Mahasiswa cenderung megalami kesulitan dalam memahami konsep pada materi ini. Untuk mengatasi masalah maka diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yakni, pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakah salah satu penelitian pengembangan (R&D) dengan standarisasi bahan ajar yang dilaksanakan tahun 2021/2022. Pada proses implementasi menggunakan tes sebagai tolak ukur dari peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Untuk hasil penelitian yang diperoleh sebuah bahan ajar inovasi berbasis proyek yang telah layak dan distandarisasi oleh validator yang mengintegrasikan media pembelajaran berserta video proyek dalam bahan ajar, sehingga memudahkan untuk dapat diakses dimana saja. Perbedaan kegiatan pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui bahan ajar yang diberikan, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan bahan ajar berbasis proyek. Bahan ajar inovasi lebih efektif dalam membimbing mahasiswa dalam belaajr kimia pemisahan materi ekstraksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Ekstraksi; Bahan ajar berbasis proyek;hasil belajar; standarisasi bahan ajar; Sumber belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:26
Last Modified: 24 Apr 2024 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55413

Actions (login required)

View Item
View Item