Pulungan, Ilham Handriansyah (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Pada Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5181122002 COVER.pdf
Download (74kB)
2. NIM 5181122002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (456kB)
3. NIM 5181122002 ABSTRACT.pdf
Download (137kB)
4. NIM 5181122002 PREPACE.pdf
Download (134kB)
5. NIM 5181122002 MOTTO.pdf
Download (109kB)
6. NIM 5181122002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (316kB)
7. NIM 5181122002 TABELS.pdf
Download (35kB)
8. NIM 5181122002 ILUSTRATION.pdf
Download (32kB)
9. NIM 5181122002 APPENDICES.pdf
Download (60kB)
10. NIM 5181122002 CHAPTER I.pdf
Download (339kB)
14. NIM 5181122002 CHAPTER V.pdf
Download (159kB)
15. NIM 5181122002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (64kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
peserta didik pada kompetensi mendiagnosis kerusakan sistem rem konvensional
melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 14 Medan pada semester ganjil Tahun
Ajaran 2022/2023 dengan subjek siswa kelas XII TKR yang berjumlah 30 orang
siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari
2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis
data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil ativitas belajar siswa pada siklus I
yaitu tidak ada siswa yang memiliki ativitas belajar yang sangat aktif, 9 siswa
masuk dalam kategori aktif dengan persentase 30%, 12 orang siswa masuk dalam
kategori cukup aktif dengan persentase 40% dan 9 siswa masuk dalam kategori
kurang aktif dengan presentase 30%. Terjadi kenaikan pada siklus II sebanyak 17
siswa masuk dalam kategori sangat aktif dengan persentase 56,67%, 9 siswa
masuk dalam kategori aktif dengan persentase 30%, 4 siswa masuk dalam
kategori cukup aktif dengan persentase 13,33%, dan tidak ada siswa masuk dalam
kategori kurang aktif. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat
peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 17 siswa (56,67%)
yang tuntas menjadi 25 siswa (83,33%) pada siklus II. Sebagai indikator
ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70.
Dari perolehan hasil belajar dan lembar observasi aktifitas belajar siswa, dapat
disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa mata pelajaran
Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga ada siswa kelas XII Teknik Kendaraan
Ringan SMK Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar, Aktivitas Belajar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:09 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55401 |