Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi Di Kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri

Lahagu, Juniartri Rezki (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi Di Kelas X TKJ SMK Swasta Mandiri. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193151017_Cover.pdf] Text
5193151017_Cover.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 5193151017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193151017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5193151017_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193151017_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 5193151017_Abstrak.pdf] Text
5193151017_Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5193151017_Daftar_Isi.pdf] Text
5193151017_Daftar_Isi.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 5193151017_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193151017_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 5193151017_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193151017_Daftar_Gambar.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 5193151017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193151017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 5193151017_BAB_I.pdf] Text
5193151017_BAB_I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 5193151017_BAB_V.pdf] Text
5193151017_BAB_V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 5193151017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193151017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality yang dapat membantu proses pembelajaran pada kelas X TKJ yang masih menggunakan media MS.Word dalam proses pembelajaran dan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dapat membantu peserta didik untuk belajar mandiri. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Mandiri. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TKJ 1 SMK Swasta Mandiri.
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation dan Model Pengembangan SDLC (Watrerfall), yang mana pada tahap Development model pengembangan SDLC (Watrerfall) ini dilakukan. Penelitian ini berfokus untuk menguji validitas dan akseptabilitas dari media pembelajaran yang dikembangkan. Pengujian validitas terdiri atas dua yaitu validasi ahli materi dan validasi ahli media. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan keseluruhan rata-rata hasil ahli materi 4,81 yang berarti “Sangat Layak” ahli media 4,45 yang berarti “Sangat Layak”. Dari segi akseptabilitas, media pembelajaran yang dikembangkan mencapai skor rata-rata
96,78% yang memenuhi kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan adalah sangat layak dan sangat baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Augmented Reality
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:30
Last Modified: 24 Apr 2024 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55390

Actions (login required)

View Item
View Item